Penerapan Handwashing Pada Masa Covid-19 Kepada Anak Usia Dini Di Tk Kabelota Loko Kota Palu

Handwashing Application On The Period Oof Covid-19 Toward Early Child At Kabelota Loko Kindergarten Palu City

  • Abdul Salam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syamsidar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Penerapan Mencuci Tangan (Handwashing), covid-19

Abstract

Penerapan mencuci tangan (Handwashing) Telah dilakukan dengan tahap-tahap, pertama melakukan persiapan, kedua melakukan pelaksanaan, dan terakhir ketiga melakukan kegatan penutup. Kegiatan penerapan yang dilakukan, yaitu “penerpan mencuci tangan (Handwashing)â€. Dalam kegiatan ini, guru menyajikan berbagai macam bahan yang diperlukan dan mempraktekan tahap dan tata cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar dengan tujuan agar anak mampu menerapkan kebiasaan baru dalam hal kebersihan agar terhindar dari berbagai macam bahaya penyakit dan virus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif analisis deskriptif dengan subjek penelitian ini diambil dari seluruh kelompok A, B1 dan B2 yang berjumlah 35 anak dan 4 orang guru di Taman Kanak-Kanak Kabelota Loko Kota Palu. Tekhnik pengupulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi penelitian menunjukkan bahwa guru sangat berperan penting dalam penerapan mencuci tangan (Handwashing) pada masa covid-19 mulai mereda di Taman Kanak-Kanak Kabelota Loko Kota Palu. Sebelum guru melaksanakan kegiatan tersebut guru menyiapan bahan serta tata cara mencuci tangan (Handwashig), mengatur posisi anak, memberikan arahan pada anak, mencontohkan tata cara mempraktekan, menanyakan respon anak dan mengevaluasi hasil prakteknya. kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan terorganisir terlaksana tiap hari yakni 3 kali dalam sehari sehingga menjadi kebiasaan bagi anak, baik dari pihak guru maupun anak tidak mengalami hambatan yang berarti, hanya saja terkadang guru harus sabar menghadapi perubahan suasana hati anak yang terkadang kurang bergairah sehinnga guru harus lebih giat lagi dalam hal melaksanakan kegiatan penerapan mencuci tangan (Handwashing). Dengan bantuan guru peneliti dapat menyelesaikan penelitian ini dengan baik dan benar.   

References

Ahmadi. (2004). Sosiologi pendidika.Jakarta: PT Rineka Cipta
Alodokter.com. https://kkpambon.com/mengenal-covid-19/ : 9 April 2019 )
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendeka-tan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta Ayu, H.S., (2016). Definisi Verifikasi Da-ta. Jakarta
Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Basyiruddin Usman. (2002). Media Pendidikan.
Jakarta: Ciputat Press
Channel News Asia. (2020). Wuhan virus outbreak: 15 medical workers infected, 1 in critical condition. [Homepage on The Internet]. Availabl on:https://www.channelnewsasia.com/new s/asia/wuhanpneumoniaoutbreak health-workerscoronavirus-12294212
Dahlan, A. K., Dan Umrah. (2013). Ajaran Keterampi-lan dasar Praktik Kebidanan Malang Inti Media.

Depkes RI. (2007). Profil Kesehatan 2007.
Dewi dan Winarti. (2016). Pentingnya Kebiasaan Mencuci Tangan Untuk Anak Sekolah. Bandung.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Haryant, Mardjan dan Ridha. (2013), Efektivitas Metode Demontrasi Dalam Penerapan Praktek Cuci Tangan Di Paud Al-Barkie Kecamatan Ponti-anak Barat, Pontianak.
Kemmis S dan Mc Taggart R. (19980). The Action Re-search Planner, (Victoria Dearcin University Pres
Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuali-tatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : prenadame-dia group
Nursalam dan Ninuk Dian Kurniawati. 2007.Asuhan Keperawatan Pada Pasian Terinfeksi HIV/AIDS. Jakarta: Salemba Nugraha.
Penelitian.Ilmiah.
https://penelitianilmiah.com/Verifikasi-Data/ ; 28 april 2020 Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (2020). Panduan Praktik Klinis: Pneumonia 2019-nCoV. PDPI: Jakarta.
PMK No.27/2017. Pedoman Pencegahan dan Pengen-dalian Infeksi di Fasyankes. https://www.persi.or.id/images/regulasi/pe rmen-kes/pmk272017.pdf
Potter P.A Dan A.G Perry. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Edisi. 7. Jakarta: Salemba Medika; 2010
Setiawan, Guntur. (2004). Implemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta
Susiati. 2008. Keterampilan Keperawatan Dasar. Erlang-ga. Jakarta.
WHO. (2020). WHO Director-General’s remarks at the media briefing on 2019-nCov. Available on: https://www.who.int/dg/speeches/detail/w ho- directorgenerals-remarks-at-the-mediabriefing-on-2019-ncov-on-11-february- 2020. (Feb12th 2020)

Worldometer. (2020). Covid-19 Coronavirus Pandemic. Available
on:https://www.worldometers.info/corona vi-rus/?utm_campaign=homeAdv egas1?#countries
Published
2022-01-15
Section
Orginal Articel