Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Plastisin Pada Kelompok B Tk Al-Muttaqiin Btn Puskud Kel. Palupi Kec. Tatanga

Increasing Children Creativities Through Plastisin Game At Group B Of Tk Al-Muttaqiin Btn Puskud Subdistrict Palupi, Tatanga District

  • Nurul Asfisari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Megi Rahayu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nurhaeda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kreativitas Anak, Permainan Plastisin

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Kreativitas Anak Dapat Ditingkatkan Melalui Permainan Plastisin Kelompok B pada TK Al-Muttaqiin BTN Puskud Kel. Palupi Kec. Tatanga†? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak melalui permainan plastisin di TK Al-Muttaqiin BTN Puskud Kel. Palupi Kec. Tatanga. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, Subjek dalam penelitian ini adalah anak di kelompok B TK Al-Muttaqiin yang berjumlah 15 anak berusia 5-6 tahun terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi yang digunakan berupa lembar observasi check list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila kreativitas (BSH s.d BSB) anak didik di kelompok B TK Al-Muttaqiin BTN Puskud Kel. Palupi Kec. Tatanga mencapai 80%. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui permainan plastisin pada kelompok B di TK Al-Muttaqiin BTN Puskud Kel. Palupi Kec. Tatanga. Dengan hasil yang diperoleh rata-rata kreativitas anak pada pra tindakan yaitu kategori belum berkembang (BB) 63,5%, kategori mulai berkembang (MB) 25%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 11,5%. Pada siklus I hasil rata-rata kreativitas anak yaitu kategori belum berkembang (BB) 10%, kategori mulai berkembang (MB) 23%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 37%, kategori berkembang sangat baik (BSB) 30%. Sedangkan pada siklus II hasil rata-rata kreativitas anak yaitu kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 18% dan kategori berkembang sangat baik (BSB) 82%. Maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak dapat ditingkatkan  melalui permainan plastisin pada kelompok B di TK Al-Muttaqiin BTN Puskud Kel. Palupi Kec. Tatanga.  

References

Alqur’an dan Terjemahannya. 2006. Al-qur’an Al-Karim SAMARA Tajwid dann Terjemah Edisi Wanita. Surabaya: Halim Publishing & Distributing.
Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Anak usia Dini TK dan RA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dwijunianto. 2014. Media Belajar Plastisin. Http://dwijunianto.wordpress.com/media-belajar-plastisin/ diakses tanggal 23 desember 2018.
Https://asysyariah.com/anak-lahir-di-atas-fitrah/. Di-akses, 03 Februari 2021.
Https://cintasedekah.org/galeri/sebaik-baik-manusia/. Di-akses, 04 Februari 2021.
Http://tafsirweb.com/4628-quran-surah-al-isra-ayat-24.html. Diakses, 03 Februari 2021.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak (jilid 2 edisi ke enam). Jakarta: Erlangga.
Kasbolah. 1998. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ma-lang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Roneka Cipta.
Munandar. 1999. Kreativitas Dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Munandar. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Ber-bakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Musbikin, Imam. 2007. Mendidik Anak Kreatif Ala Ein-stein. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Montolalu, W. 2008. Bermain Dalam Kelompok Ber-main Bola Bermain Dengan Angka. Jakarta: Grasindo.
Pramesti, Dian. 2007. Strategi Pengembangan Aktivitas dan Kreativitas Siswa. Jakarta: Departemen Pen-didikan Nasional.
Rachmawati, dkk. 2005. Strategi Pengembangan Krea-tivitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Ja-karta: Depdiknas.
Rachmawati, dkk. 2010. Strategi Pengembangan Krea-tivitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Me-dia Group.
Rochayah, Siti. 2012. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Siswa Ke-lompok B TK Masyithoh 02 Kawunganten Cilacap Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. http://sitirochayahroin.files.wordpress.com/2012/12/1-siti-r.pdf. Diakses 19 Desember 2018
Rohmah, Zustina Veby. 2014. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Plastisin Pada Anak Playgroup Di Paud Nur Rohmah Plupuh Sragen. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/30183/15/Naskah_Publikasi.pdf diakses 18 Desember 2018
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Siti, Arlinah. 2012. Meningkatkan Kreativitas Anak Me-lalui Bermain Plastisin di Paud Plus Al Fattah Ja-rak Kulon Kabupaten Jombang. Jurnal PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan. Surabaya: Universita Negeri Surabaya.
Soenarno, Adi. 2006. Creativity Games. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suratno. 2003. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2021-09-15
Section
Orginal Articel