UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK KELOMPOK A PAUD

  • Eni Darma Susanti Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Penerapan Nilai-Nilai Karakter, Studi Deskriptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai karakter di PAUD, factor penghambat serta pendukung dalam penerapan nilai-nilai karakter di PAUD, dan cara mengatasi dari factor penghambat pada penerapan nilai-nilai karakter di PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik di PAUD. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penerapan nilai-nilai karakter di PAUD dilakukan melalui proses: a) Perencanaan dengan memasukkan kedelapan belas nilai-nilai karakter kedalam muatan kurikulum  sekolah, RKM dan RKH, b) Pelaksanaan pembelajaran yang mencakup dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan terprogram, kegiatan rutin, pembiasaan, spontan, keteladanan, dan c) Penilaian dengan  menggunakan  observasi, catatan anecdotal, portopolio dan penilaian periodik. 2) Faktor pendukungpenerapan nilai-nilai karakternya yaitu: pendidikan karakter merupakan muatan yang ada dalam kurikulum, adamotivasi intrinsic sekolah, sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat yaitu dibutuhkan waktu, kesabaran serta ketelatenan dalam penerapan nilai-nilai karakter, pendanaan terkait pelaksanaan pendidikan karakter, minimnya monitouring dari pusat kurikulum dan factor lingkungan dari pesera didik. 3) Cara mengatasi dari factor penghambat  penerapan  pendidikan  karakter, PAUD yaitu dengan mengadakan komunikasi dan sharing dengan guru-guru lain serta orang tua dalam mengatasi  permasalahan  anak, mencari pendanaan dalam bentuk pengajuan proposal, dan pendidik terus belajar dari berbagai sumber dan selalu terbuka akan informasi-informasi.

 

Published
2018-01-22
Section
Articles