MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA GAMBAR
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan mengenal huruf melalui media gambar pada Kelompok B di TK PKK Wisolo Kecamatan Dolo Selatan ? Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media gambar pada Kelompok  B di TK PKK Wisolo Kecamatan Dolo Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 24 anak. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media gambar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi daftar cek (check List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak Kelompok  B di TK PKK Wisolo Kecamatan Dolo Selatan dapat ditingkatkan menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran permainan tebak huruf pada gambar dengan cara masing-masing anak membawa/memegang gambar secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3% , dan Siklus II meningkat sebesar 83,3%.
Kata kunci : kemampuan mengenal huruf, media gambar, TK
References
Ahmad Rohani. 1997. Media intruksional Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arends. 2011. dalamTrianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke4. Jakarta : Kencana.
Badru Zaman, dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka.
Basyiruddin M, dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Ciputat Pers : Jakarta.
Diah Harianti. 1994. Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdikbud.
Hariati, Diah, 1994. Program Kegiatan belajr Taman kanak-kanak. Jakarta : depdikbud.
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak –Kanak. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya
Mohamda Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, danR&D. Bandung : Alfabeta
Trianto. 20011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Jakarta: Depdikbud.
Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.