MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA GAMBAR

Maznuni Maznuni(1*)


(1) Guru Paud Lestari Lambunu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/eceij.v1i3.1007

Abstract


Rumusan  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah apakah kemampuan mengenal huruf melalui media gambar pada Kelompok B di TK PKK Wisolo Kecamatan Dolo Selatan ?  Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media gambar pada Kelompok  B di TK PKK Wisolo Kecamatan Dolo Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 24 anak. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media gambar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi daftar cek (check List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak Kelompok  B di TK PKK Wisolo Kecamatan Dolo Selatan dapat ditingkatkan menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran permainan tebak huruf pada gambar dengan cara masing-masing anak membawa/memegang gambar secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal  sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3%  , dan Siklus II meningkat  sebesar 83,3%.

Kata kunci : kemampuan mengenal huruf, media gambar, TK


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. 1997. Media intruksional Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arends. 2011. dalamTrianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke4. Jakarta : Kencana.

Badru Zaman, dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Basyiruddin M, dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Ciputat Pers : Jakarta.

Diah Harianti. 1994. Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdikbud.

Hariati, Diah, 1994. Program Kegiatan belajr Taman kanak-kanak. Jakarta : depdikbud.

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak –Kanak. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya

Mohamda Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, danR&D. Bandung : Alfabeta

Trianto. 20011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Jakarta: Depdikbud.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6281241088291
e-mail: jurnal.eceij@gmail.com