MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK TK
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalahapakah dengan menggunakan media gambar berseri kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfhal III Palu dapat ditingkatkan. Subyek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah anak 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan masing-masing yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas kelompok B yang bertindak sebagai observer/ pengamat. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa dari pra tindakan anak pada kategori berkembang sangat baik mencapai rata-rata 13% pada siklus I terjadi peningkatan mencapai rata-rata 67% pada kategori berkembang sangat baik, sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 87% pada kategori berkembang sangat baik dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfhal III Palu.
Kata kunci : Kemampuan Berbicara, Media Gambar Berseri
References
Arief S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Dhieni, Nurbiana. 2005. Metode Perkembangan Bahasa. Jakarta Universitas Terbuka.
Dwi Yulianti. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu. Skripsi. Universitas Diponegoro : Semarang
Hariati, Diah, 1994. Program Kegiatan belajar Taman kanak-kanak. Jakarta : depdikbud.
M Basyiruruddin. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Ciputat Press.
Mohamda Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Mudhaffir, Teknologi Instruksional Sebagai Landasan Penerangan dan Penyusunan Program Pengajaran. Bandung : PT : Remaja Rosdikarya Offset, 1999.
Nana Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru : Bandung
Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Nuraeni. 2002. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD dan Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta : BPG
Nurbiana Dhieni. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : UniversitasTerbuka.
Robbin. 2007. Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat Hal 22
Suryabrata. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta
Tarigan, Henry Guntur. (1983). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Tarmansyah. (1996). Gangguan Komunikasi. Jakarta : Depdikbud.
Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.