MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR PADA KELOMPOK B TK
Abstract
Permasalahan  penelitian ini adalah Apakah melalui metode menggambar dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di kelompok TK Kabelota Loko. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bahwa kegiatan menggamgar dapat meningkatkan kreatifitas belajar anak. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Kabelota Loko Poboya  yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai observer. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar  dapat meningkatkan kreatifitas belajar anak kelompok  B di TK Kabelota Loko Poboya pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Dengan dibuktikan adanya hasil presentase ketuntasan belajar yaitu dari pra tindakan jumlah anak yang sudah berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik berjumlah 2 anak atau 11,74% meningkat pada siklus I menjadi 58,9% atau 10 anak berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik /optimal. Dan pada siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 81,0% atau 14 anak yang terdiri dari 5 anak berkembang sesuai harapan dan 9 anak berkembang sangat baik / optimal.peneliti menyarankan kepada orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak dengan kasih sayang.
Kata kunci : Menggambar, Kreatifitas Anak usia dini
References
Arikunto, S.2006, Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S.Suhardjono, Supardi 2008,Penelitian Tin-dakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara
Depdiknas, 2010 Pedoman Penilaian Di Taman Ka-nak- kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Na-sional.
Depdiknas, 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Roudhotul Athfal. Jakarta : Departe-men Pendidikan Nasional.
Depdiknas, 2004. Pedoman Penilaian Di Taman Ka-nak- kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Na-sional.
Depdiknas, 2005. Pedoman Penilaian Di Taman Ka-nak- kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Na-sional.
Depdiknas, 2003. Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Hadeli, 2006, Metode Penelitian Kependidikan, Jakarta : Quantum Teaching.
Mini, R, 2010, Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak, Jakarta : Indocam Prima.
Montolalu, B.E.F.2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Munandar, U. 1999, Kreativitas Dan Keberbakatan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Munandar, U. 1982, Pemanduan Anak Berbakat, Jakar-ta : Yayasan Pengembangan Kreativitas.
Mulyasa, 2010, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Rosda
Masitoh, ocih, Heny, 2005, Pendekatan Belajar Aktif Di TK, Jakarta : Diretur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Munandar, 1999, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta : Rineka Cipta.
Nurul Asyasyaraal, S, 1982, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional.
Nursisto, 1999, Kiat Menggali Kreativitas, Yogyakarta : Mitra Gama Widya, Rahardjo, B.Joko Irawan, 2004, Penulisan Laporan Skripsi dan Tesis,
Suyadi, 2011, Manajemen Paud, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.