PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI MELALUI MEDIA BENDA ALAM PADA KELOMPOK B2 DI PAUD NOSARARA KEL. TALISE VALANGGUNI KEC.MANTIKULORE DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

Yulianti Yulianti(1*), Surni Kadir(2), Normawati Normawati(3)
(1) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.439

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  meningkatkan kemampuan  mengenal geometri melalui media benda alam pada anak Kelompok B2 PAUD Nosarara Palu. Metode Penelitian mencakup jenis penilitian, kehadiran peneliti, proses penelitian, lokasi penelitian, desain penelitian, tekhnik pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, tekhnik analisis data, dan pengecekan keabsahan data. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah  15 anak Kelompok B Nosarara Palu, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan anak dalam mengenal Geometri dengan mempergunakan media benda alam yang   dianggap menarik dan bentuknya bervariasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kemampuan berhitung dan menulis angka diudara, tes lisan kemampuan mengenal Geometri dan tes tertulis kemampuan menebalkan angka dan menulis Geometri.Teknik analisis data yang digunakanya itu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan PTK dari keseluruhan jumlah nilai anak memperoleh nilai rata-rata ≥7,0 (skala 0-10) sehingga dapat dikatakan baik. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan mengenal Geometri dalam tinjaun pendidikan Islam pada hakikatnya Allah swt telah menyebutkan Geometri dalam al-Qur’an namun sifatnya masih bersifat umum jika dipahami ayat tersebut secara komprenhensif. Di samping itu, pada Pratindakan kemampuan anak mengenal Geometri adalah 5,94 termasuk dalam kriteria kurang. Pada tindakan I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 6,42 termasuk dalam kriteria cukup. Pada tindakan II rata-rata nilai anak meningkat menjadi 7,02 termasuk dalam kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain sambil belajar dengan menggunakan media benda-benda alam lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal Geometri  sebagai lambang banyaknya  benda  pada  anak PAUD.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Muhammad Asrori, Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan Cet. 1; Jakarta; PT Bumi Askara, 2014.

Arifin, Zainal Penelitian Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Mashar, Riana, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Cet. ke-3; Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Mutiah, Diana, Psikologi Bermain Anak Usia Dini Cet. ke-3; Jakarta: Kencana, 2015.

Pohan, Rahmadini. Interprestasi Nilai EvaluasiMenilai (Pan& Pap). 2012.

Putra, Nusa dan Ninin Dwilestari, Penelitian Kualitatif PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) edisi 1, Cet. 4; Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Sudaryanti, Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikan. Edisi revisi Yogyakarta: 2014.

Wasik,B. Seefeldt, C & Pendidikan Anak Usia Dini. Alih Bahasa: Pius Nasar edisi 2; Jakarta: PT Indeks, 2013.

Wahyudi dkk. Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: PT Gramedia, 2005.

Yus, Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini Cet. ke-3; Jakarta: Kencana, 2014.


Article Statistic

Abstract view : 2 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.