UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR (Tinjauan Pendidikan Islam Pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala)

Astaman Astaman(1*), Surni Kadir(2), Muhammad Rizal Masdul(3)
(1) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.437

Abstract


Beberapa masalahnya diantaranya bagaimana upaya mengatasi kejenuhan belajar pada peserta, dan Implikasi upaya mengatasi kejenuhan belajar.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kejenuhan belajar dan upaya mengatasinya pada peserta didik di SD Negeri 10 Banawa Kabupaten Donggala.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu keseluruhan data yang sudah dikumpulkan diolah dengan menyeleksi data dengan maksud mendapatkan data yang bermutu, selanjutnya teknik pengumpulan data yang dilakukan di lapangan, yaitu melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah para peserta didik dan para pendidik. Kesimpulannya adalah (1) Upaya mengatasi kejenuhan belajar pada peserta didik di SD Negeri 10 Banawa adalah dengan melakukan berbagai upaya, diantaranya menerapkan metode pembelajaranyang bervariasi yaitu metode picture dan Tanya jawab, melakukan pendekatan terhadap peserta didik yaitu pendekatan emosional dan pendekatan keagamaan, dan melakukan evaluasi setiap akhir kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebagai umpan balik terhadap proses kegiatan belajar mengajar, yang selanjutnya akan dijadikan sebagai titik tolak untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya. (2) Implikasi upaya dalam mengatasi kejenuhan yaitu adanya semangat yang ditunjukan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran, hal itu di sebabkan oleh meteode yang digunakan pendidik dalam mengajar. Metode yang di gunakan pendidik bervariasi tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi juga menggunakan metode picture dan Tanya jawab. Khususnya pelajaran agama yang mana pendidik dalam memberi tugas selalu memberikan perlombaan siapa yang cepat dan tepat akan diberi hadiah.

Full Text:

PDF

References


Abdirrahman., Abu Al-Qawi. 2014. Mengatasi Kejenuhan. Jakarta : Khalifa

Ahmadi, Abu., dan Widodo, Supriono. 2014. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto., Suharsimi. 2012. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Edisi 2; Cet III, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Baharuddin., dan Wahyuni, Esa Nur. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Burhan., Bungin. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Darajat., Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Hafid., Anwar. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung; Alfabeta

Masdul, Muh. Rizal. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Makalah. Skripsi, Jurnal. Palu: FAI Unismuh Pres

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhammad Al-utsaimin, Syaikh. 2013. Riyadhus shalihin. Jakarta: Darus Sunnah

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisis Revisis. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nata, Abuddin. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Gaya Media Pratama

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan RAD. Bandung: Alfabeta

Sujarweni,Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian, Cet, 1; Yogyakarta, Pustaka Baru

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Edisi Revisi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Syamsuddin. 2015. Pedoman Praktisi Metodologi Penelitian Internal. Ponorogo: CV. Wide Group

Tohirin. 2013. Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Widodo. 2017. Metodologi Penelitian: Populer & Praktis. Jakarta: PT Grafindo Persada


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.