PENERAPARAN METODE ELEKTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS ALKHAIRAAT DOLO

Magfira Magfira(1*), Colle Said(2), Muhammad Rizal Masdul(3)
(1) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.431

Abstract


Pokok masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana "Penerapan Metode Eklektik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Al-Khairaat Dolo", dengan rumusan masalah yakni: Bagaimana penerapan metode eklektik di MTS Al-Khairaat Dolo? dan Bagaimana dampak metode ekletiktik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Al-Khairaat Dolo?Tujuan penelitian skripsi ini adalah: pertama untuk mengetahui penerapan metode eklektik di MTS Al-Khairaat Dolo dan untuk mengetahui Bagaimana dampak metode ekletiktik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Al-Khairaat Dolo.Adapun metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara.Hasil penelitian yang dilakukan menggambarkan bahwa: (l) Penerapan metode eklektik di MTS Al-Khairaat Dolo dilakukan sebagai upaya guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih kondusif dengan model pembelajaranyang berpusat pada siswa. Penerapan metode ekleklik dilakukan dengan menggabungkan beberapa strategi pembelajaran antara lain metode diskusi, metode ceramah, simulasi dan praktek. Guru juga menggunakan metode tersebut secara bergantian yang disesuikan dengan materi yang diajarkan. Selaln itu guru juga menggunakan alat bantu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mendukung penggunaan metode eklektik seperti LCD.. (2) Dampak metode ekletiktik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Al-Khairaat Dolo yakni dapat membuat siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, dan membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan, serta menjadikan pembelajaran srswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran sehmgga didapatkan hasil belajar yang lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip-Teknik-Prosedur. Remaja Rosdakarya. Bandung

Azwar, Syaifuddin. 2010. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.