STUDI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI DESA PANGI KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI

Winda Winda(1*), Miswan Miswan(2), Muhammad Ansar(3)
(1) Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Hukum, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.425

Abstract


Pertambahan jumlah penduduk akan menyebabkan peningkatan jumlah sampah, karena setiap manusia pasti menghasilkan sampah perharinya, tak peduli usianya.  Sampah-sampah itupun ada yang mudah terurai dan tidak, bahkan ada yang memerlukan waktu hingga 100 tahun hingga hancur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sampah rumah tangga di desa Pangi kecamatan Baolan kabupaten Tolitoli. Jenis Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dekskriptif bersifat deskriptif observasional dimana penulis mengadakan wawancara dan observasi lapangan untuk mempelajari kegiatan pelaksanaan pengelolaan sampah di Desa Pangi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di Desa Pangi sangat tidak baik. Dari 7 Informan hanya 1 informan yang melakukan pengelolaan sampah dengan benar, sisanya 6 informan tidak melakukan pengelolaan sampah dengan benar yang memenuhi syarat sesuai UU No.18 2008. Banyak masyarakat buang sampah sembarang diakibatkan kurangnya kepedulian, pengetahuan masyarakat akan bahayanya buang sampah sembarang, dan bukan hanya itu kurangnya kepemilikan tempat sampah di Desa Pangi mengakibatkan orang buang sampah sembarang tempat. Penelitian ini menyarakankan perlunya turun tangan pemerintah desa agar masyarakat di haruskan memiliki tempat sampah melihat banyaknya masyarakat buang sampah sembarang. Dari pihak Puskesmas itu sendiri selain memberikan penyuluhan, harus juga memberikan pelatihan seperti membuat  tempat sampah percontohan kepada masyrakat dan melakukan percontohan cara pengelolaan sampah dengan benar.

Full Text:

PDF

References


Bisnawati. 2012. Pengetahuan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah. Banda Aceh. Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Fathiras, Nasya. 2011. Analisis Pengelolaan Sampah Di Tempat Pembuangan Akhir Pasir Sembung Kabupaten Cianjur. Fakultas Ekonomi Dan Manajmen Institute Pertanian Bogor.

Indrawan, Dandi Permana. 2014. Analisis willingness to pay pengelolaan sampah terpadu di Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Skripsi hal. 21-27 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Riswan. 2011. Pengelolaan sampah rumah tangga di Kecamatan Daha Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan Vol.9 No.1 April 2011. Program Studi Ilmu Lingkungan, Fakultas Kedokteran Undip Semarang.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.