HUBUNGAN POLA MAKAN DAN ASUH DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEPANGA KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Wilda Aprilia(1*), Budiman Budiman(2), Eka Prasetia Hati Baculu(3)
(1) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Kesling, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.423

Abstract


Masalah gizi dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling mempengaruhi secara kompleks. Ditingkat rumah tangga, keadaan gizi dipengaruhi oleh kemampuan rumah tangga menyediakan pangan dalam jumlah dan jenis yang cukup serta pola asuh yang dipengaruhi oleh faktor pendidikan, perilaku dan keadaan kesehatan rumah tangga. Salah satu penyebab timbulnya kurang gizi pada anak balita adalah akibat pola asuh anak yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan dan asuh dengan status gizi anak balita di Wilayah kerja Puskesmas Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan  jenis penelitian survey analitik menggunakan pendekatan Cross Sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 62 anak balita uji Statistik yang digunakan adalah “Chi-Square”. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan bermakna antara pola makan dengan dengan status gizi anak balita dengan nilai ρ 0.016 dan ada hubungan bermakna antara pola asuh dengan dengan status gizi anak balita dengan nilai ρ 0.004. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan menjadi informasi yang bermanfaat khususnya bagi Puskesmas untuk mengetahui hubungan pola makan dan pola asuh pada status gizi anak balita di wilayah kerja Puskesmas Mepanga Kabupaten Parigi Moutong.


Full Text:

PDF

References


Al Dinna, An Nur. 2011. Hubungan pola makan dengan status gizi balita di kelurahan tanggung kecamatan kepanjen kidul kota blitar (studi pada balita umur 24-60 bulan). (Di Akses 4 Juli 2018)

Arhernius. 2017. Data Gizi Kurang pada Anak Balita. Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah.

Herman, H., Yulfiana, Y., Rahman, N., & Yani, A. 2018. Perilaku Ibu Menyusui dalam Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Tawaeli Kota Palu. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(3), 112-117.

Hughes O., Power G., Connor. 2016. Maternal Feedig Styles and Parenting Practies as Predictors of Longitudinal Changes in Weight Status in Hispanic Prashoolers from Low-Income Families. Journal of Obesity.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Penyajian Pokok-Pokok Hasil Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Mirzawati, Inayah. 2008. Hubungan Antara Pola Makan Dan Status Gizi Anak Balita Di Desa Bulaksari Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. (Diakses 3 Juni 2018).

Prasetyawati. 2012. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Dalam Millenium Development Goals (MDGs). Yogyakarta : Aulia Medika.

Rapar, Vicka Lourine. 2014. Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Status Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Ranotana Weru Kecamatan Wanea Kota Manado. (Di Akses 4 Juli 2018)

United Nations Children's Fund. 2010. Achieving MDGs through RPJMN. Paper presented at Nutrition Workshop. Bappenas. Jakarta.

Sinta Arianti Siwi, 2015. Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Status Gizi Pada Balita Usia 2 –5 Tahun. (Diakses 3 Juni 2018)

Siti Munawaroh, 2016. Pola Asuh Mempengaruhi Status Gizi Balita. (Diakses 3 Juni 2018)

Soetjiningsih. 2008. Tumbuh Kembang Anak. Universitas Erlangga. Surabaya

Soetjiningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.

Soekirman. 2002. Ilmu Gizi dan Aplikasinya Untuk Keluarga dan Masyarakat.Rineka Cipta Jakarta.

Trihono, 2013. Ringkasan Eksekutif Data dan Informasi Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Waladow, G. 2013. Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Tompaso Kecamatan Tompa. (Diakses 3 Juni 2018).

World Health Organization. 2011. Essential Nutrition Actions-Improving Maternal-Newborn-Infant and Young Child Health and Nutrition. Evidence for Essential Nutrition Actions.

World Health Organization. 2011. Data Gizi World Health Organization. Diakses 1 Januari 2018.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.