FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT TB PARU DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MOKOPIDO KABUPATEN TOLITOLI

Moh. Izhar A Batalipu(1*), Sudirman Sudirman(2), Nur Afni(3)
(1) Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.420

Abstract


TB Paru merupakan masalah kesehatan di Kabupaten Tolitoli. Penyakit Tuberkulosis Paru banyak menyerang usia produktif, kebanyakan dari kelompok sosial rendah dan berpendidikan rendah. Meningkatnya HIV/AIDS yang menurunkan daya tahan tubuh juga menyebabkan meningkatnya kembali penyakit TB Paru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Penyakit TB Paru Di Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Tolitoli. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, disajikan dalam bentuk cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pasien rawat jalan yang berkujung di RSU Mokopido Tolitoli, dimana pada penelitian ini penulis ingin mengetahui hubungan pengetahuan, merokok, dan pendapatan terhadap penyakit  TB Paru. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan tingkat pengetahuan dengan penyakit TB Paru dengan nilai P.value 0.005. Tidak ada hubungan merokok dengan penyakit TB Paru dengan nilai P.value 0.992. Tidak ada hubungan pendapatan dengan penyakit TB Paru dengan nilai P.value 0.712. Saran penelitian ini adalah diharapkan bagi pihak rumah sakit, khususnya bagian kesehatan masyarakat untuk lebih meningkatkan frekuensi penyuluhan khususnya menyangkut dengan pencegahan TB Paru.


Full Text:

PDF

References


Gemosatnovan, 2013. Pendahuluan Makalah Tuberculosis. Donggala. Pustaka Pelajar.

Hasnawati. 2017. Survailens Terpadu Penyakit Berbasis Rumah Sakit. Tolitoli.

Mahfuzhah Indah. Gambaran Faktor Risiko Status Gizi Dan Pendidikan. Pontianak. Universitas Tanjung Pura

Megawati, M., Suriah, S., Ngatimin, R., & Yani, A. 2018. Edukasi Tb Paru Pengetahuan Sikap Kader Posyandu melalui Permainan Simulasi Monopoli. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(1), 5-11.

Kemenkes Ri 2015. Petunjuk Penggunaan Obat Anti Tuberkulosis Fixed Dose Combination (OATFDC). Direktur Jendral Pemberantasan Penyakit Menular Dan Penyelamatan Lingkungan. Jakarta.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.