HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN POSYANDU DENGAN KUNJUGAN BALITA DI POSYANDU DESA LELEAN NONO KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI

Mabrur Mabrur(1*), Munir Salham(2), Mohammad Andri(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.417

Abstract


Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Tujuan penelitian,  diketahuinya hubungan pelayanan kesehatan Posyandu dengan frekuensi kunjungan Ibu balita di Posyandu, diketahuinya ketepatan waktu petugas pelayanan kesehatan dengan kunjungan ibu balita di posyandu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey analitik korelatif dengan menggunakan pedekatan cross sectional. yang digunakan untuk mengukur variabel independen dan dependen secara bersamaan untuk mengetahui  hubungan kualitas pelayanan posyandu dengan kunjungan balita di Posyandu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik  (incidental sampling)  yang berjumlah 56 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan ketepatan waktu dengan nilai p value = sebesar 0.030<0.05 dan tidak ada hubungan yang bermakna antara kompetensi teknis dengan kunjungan balita di Posyandu dimana nilai p value = 0,565 > 0,05, dan tidak ada hubungan antara hubungan antar manusia dengan kunjungan ibu balita di Posyandu dengan nilai P=0.577>0.05. Penelitian ini menyarankan kepada pihak Puskesmas terutama yang bertugas untuk pelayanan di Posyandu agar lebih memperhatikan status kesehatan dan tingkat tumbuh kembang balita serta memberikan dukungan kepada Ibu balita agar rutin melakukan kunjungan ke Posyandu.


Full Text:

PDF

References


Arifudin, A., Sudirman, S., & Andri, M. 2017. Evaluasi Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia pada Penempatan Kerja Petugas di Upt Puskesmas Lembasada. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1-14.

Kemenkes R.I. 2015. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Departemen kesehatan dan JICA Jakarta.

Notoadmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Pohan. 2012. Jaminan mutu layanan kesehatan (Dasar-Dasar, Pengertian, dan Penerapan). EGC. Jakarta.

Sulityorini. 2010. POSYANDU (Pos Pelayanan Terpadu) dan DESA SIAGA.Nuha Medika. Yogyakarta.

Trisnawati. 2011. Hubungan Persepsi Ibu Tentang Posyandu Dengan Perilaku Kunjungan Balita Ke Posyandu Mawar Di Dusun Soragan Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun 2011. Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.