HUBUNGAN KRAKTERISTIK IBU DENGAN RENDAHNYA KUNJUNGAN BALITA KE POSYANDU DI DESA TOMPO KECAMATAN TAOPA KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Lesli Lesli(1*), Abdul Hakim Laenggeng(2), Mohammad Andri(3), Rafiudin Rafiudin(4)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(4) Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.416

Abstract


Tingkat kunjungan ibu balita ke posyandu merupakan keaktifan ibu balita dalam mengikuti kegiatan program posyandu tujuannya agar program-program dari pemerintah yang dilaksanakan dalam kegiatan posyandu misalnya pemberian imunisasi, pemantauan gizi balita, pemantauan tumbuh kembang balita dan kesehatan secara langsung dalam rangka penurunan kematian bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Krakteristik Ibu dengan Rendahnya Kunjungan Balita ke Posyandu di Desa Tompo Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 Ibu yang mempunyai balita di Desa Tompo Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara umur ibu dengan nilai p = 0.437 (p > 0.05), ada hubungan pengetahuan dengan nilai p = 0.003 (p < 0.05), ada hubungan pekerjaan dengan nilai p = 0.005 (p < 0.05) dengan tingkat kunjungan balita ke Posyandu Desa Tompo Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Ditujukan bagi pihak Puskesmas Wilayah kerja  Puskesmas Taopa selalu meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya tingkat kunjungan balita ke posyandu di kalangan masyarakat khususnya pada ibu yang mempunyai balita agar memperhatikan kesehatannya agar terhindar dari penyakit.


Full Text:

PDF

References


Faridah. 2015. Faktor-Faktor yang Mepengaruhi Kunjungan Ibu ke Posyandu di Kelurahan Baru. Kecamatan Pesisir Timur Sumbawa. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Handayani, Lili. 2017. Buku Laporan Kegiatan Posyandu Tentang Jumlah Kunjungan Balita Wilayah Kerja Puskesmas Taopa Kabupaten Parigi Moutong.

Herman, H., Yulfiana, Y., Rahman, N., & Yani, A. 2018. Perilaku Ibu Menyusui dalam Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Tawaeli Kota Palu. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(3), 112-117.

Husnaini. 2013. Hubungan Antara Karakteristik Ibu Balita dengan Kunjungan Balita dalam Kegiatan Posyandu di Kelurahan Genuksari Kecamatan Genuk Kota Semarang. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Lestari, Puji. 2016. Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kegiatan Program Posyandu (Studi Kasus Di Desa Giritirto Kecamatan Purwosari Gunung Kidul). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Obrianto, Hosea. 2012. Partisipasi Masyarakat Terhadap Posyandu dalam Upaya Pelayanan Kesehatan balita Studi Kasus pada posyandu Nusa Indah II RW 11 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok Tahun 2012. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Kesehatan Sosial Universitas Indonesia, Depok.

Raharjo. 2012. Hubungan Antara Karakteristik Ibu dan Keaktifan Menimbangkan Anak di Posyandu Desa Jendi Kecematan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP. Semarang.

Soeryoto, 2012. Hubungan Faktor Karakteristik Ibu Balita dengan Cakupan Penimbangan Balita di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2000. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta.

Suwarsini, 2013. Hubungan Karakteristik Ibu dan Peran Kader Dengan Tingkat Kehadiran Ibu Balita Di Posyandu Desa Pelem Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Jurnal Kesehatan. Vol. 2. No.2

Yahya, Yulianti. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ibu yang Mempunyai Balita dalam Menggunakan Posyandu di Desa Cimarias Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Skripsi, Universitas Padjajaran. Bandung.

Yamin, Ahmad. 2013. Analisis Perbedaan Faktor Yang Berkontribusi Terhadap Pemanfaatan Posyandu oleh Pengunjung Rutin dan Tidak Rutin dalam Konteks Keperawatan Komunitas di Wilayah Kecamatan Limus Nunggal, Baros dan Cikundul Kota Sukabumi Tahun 2002. Tesis, Program Studi Ilmu Keperawatan Pasca Sarjana UI, Depok.

Yuliantina, Dini. 2015. Hubungan Peran Petugas Kesehatan, Tokoh Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat (D/S) dalam Pelaksanaan Posyandu di Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten. Fakultas Kedokteran Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.