HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN CITRA RUMAH SAKIT DI RSUD RAJA TOMBOLOTUTU TINOMBO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Maryati Maryati(1*), Sudirman Sudirman(2), Herlina Yusuf(3)
(1) AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.412

Abstract


Peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit dapat dilakukan dari berbagai aspek pelayanan kesehatan seperti peningkatan kualitas fasilitas kesehatan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan kualitas manajemen rumah sakit. Faktor-faktor yang berhubungan dengan citra rumah sakit yang dijadikan variabel dalam penelitian yaitu profesional, sikap, kemudahan akses, kehandalan, pemulihan layanan, dan lingkungan fisik rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan citra RSUD Raja Tombolotutu Tinombo Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 pasien yang dirawat di rumah sakit, hasil penghitungan dengan menggunakan rumus estimasi penentuan sampel dari 1221 populasi pasien yang terdaftar di RSUD Raja Tombolotutu Tinombo Kabupaten Parigi Moutong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara profesional dengan nilai p=0.177 (p>0.05), ada hubungan sikap dengan nilai p=0.035 (p< 0.05), ada hubungan kemudahan akses dengan nilai p=0.020 (p<0.05) ada hubungan kehandalan dengan nilai p=0.003 (p<0,05), tidak ada hubungan antarapemulihan layanan dengan nilai p=0.287 (p> 0.05) dan ada hubungan antaralingkungan fisik dengan nilai p=0.024 (p 0.05)  dengan citra RS di RSUD Raja Tombolotutu Tinombo Kabupaten Parigi Moutong. Diharapkan bagi pihak instansi terkait khususnya RSUD Raja Tombolotutu agar meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat agar mendapatkan penilaian yang lebih baik.       


Full Text:

PDF

References


Andini, 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Poliklinik Panyakit Dalam Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I Bukit Barisan Medan. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.

Haryanto dan Olivia, 2012. “Pengaruh Faktor Pelayanan Rumah Sakit, Tenaga Medis, dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Intensi Pasien Indonesia Untuk Berobat di Singapura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis No. 2 Volume 4.

Maurni, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien rawat Inap di Rumah Sakit Columbia Asia Medan Tahun 2013. Skripsi. FKM-USU. Medan.

Muliati,. M., 2015. Analisis harapan terhadap kepuasan pasien rawat inap berdasarkan mutu pelayanan keperawatan di RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle. Tesis. FK-Universitas hassanudin Makassar.

Muninjaya, 2013. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Kedokteran EGC. Jakarta

Notoadmojo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Pertiwi Ayu, 2017. Profil Rumah Sakit Tahun 2016 Tentang Jumlah Tenaga Kesehatan dan Jumlah Pasien Yang Berkunjung Di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Tombolotutu Tinombo Kabupaten Parigi Moutong.

Purwanto, 2014. Analisis harapan terhadap kepuasan pasien rawat inap berdasarkan mutu pelayanan keperawatan di RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle. Tesis. FK-Universitas hassanudin Makassar.

Puspita, 2012. Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan dengan Citra Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tamiang dalam Tesis Universitas Sumatera Utara Medan.

Sudirman, 2016. Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Leutikaprio Nouvalitera. Yogyakarta.

Suhardi., 2014. Analisis Kesesuaian Antara Harapan dan Kenyataan Mutu pelayanan yang diterima di Unit Rawat Inap RSUD Dr.Raden Soedjati Soemodiardjo Kabupeten Grobogan. Tesis, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Studi Administrasi Rumah Sakit. Pascasarjana-UNDIP. Semarang

Sabriyah, S., Sudirman, S., & Nor, A. R. A. C. 2017. Mplementation Proffering of Claim Guarantee Health of National Health in Hospital Anutapura Palu. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 118-128.

Sukmawati, 2012, ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Tingkat Kepuasan Pasien, Citra Rumah Sakit dan Loyalitas Pasien RSIA Sakina Idaman Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sunyanto, 2012. Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Gosyen Publishing. Yogyakarta.

Supriyanto, 2014. ”Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Pasien”. Universitas Diponegoro, Semarang.

Tjiptono, 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/BB Medan. Tesis. Universitas Sumatera Utara.

Wijayanti, 2013. Citra Rumah Sakit, Kepuasaan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta). Jurnal Utilitas. Vol 2. No. 2.

Yunevy., E.F.T., 2013. Analisis Kepuasaan Berdasarkan Persepsi dan Harapan Pasien di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia : vol 9-20.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.