ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI RSUD RAJA TOMBOLOTUTU TINOMBO

Minarni Minarni(1*), Jamaluddin Sakung(2), Budiman Budiman(3)
(1) Bagian Kesling, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Kesling, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.410

Abstract


Karakteristik sampah medis memiliki sifat infeksi usatautoksik, jika tidak dikelola dengan tepat, akan menyebabkan pencemaran. Sampah padat medis yaitu sampah yang berasal dari pelayanan medis, perawatan gigi, laboratorium, farmasi atau yang sejenis, penelitian, pengobatan, perawatan, pendidikan yang menggunakan bahan beracun, infeksius, atau bahan berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Pengelolaan Sampah di RSUD Raja Tombolotutu Tinombo. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Dengan jumlah 2 informan, dengan menggunalan Conten Analizis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemilihan sampah medis dan non medis sudah dipisahkan sesuai dengan jenis sampah, Tempat penampungan sampah di setiap unit rumah sakit sudah tersedia dan limbah medis sudah memiliki wadah khusus, Pengangkutan sampah di setiap unit rumah sakit dilakukan secara rutin setiap hari yaitu pagi dan sore hari dan pengangkutan sampah tidak menggunakan Troli atau gerobak, dan Pengolahan sampah medis langsung ditimbun di dalam tanah dan sampah non medis langsung dibakar. Tempat pemusnahan sampah/limbah medis di rumah sakit ada tapi belum diopersionalkan karena belum mendapatkan izin operasional dari kementerian kesehatan. Saran dalam penelitian ini adalah bagi pihak rumah sakit untuk meningkatkan jumlah tenaga sanitasi dan mempercepat proses perizinan operasional Incinerator. Proses pengelolaan sampah medis dan non medis dilaksnakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Full Text:

PDF

References


Ardanita, 2011.Pedoman Pelaksanaan Sanitasi Lingkungan Dalam Pengendalian Vektor. Direktorat Jenderal PPM dan PL, Kemenkes, Jakarta

Effendi S., 2015. Membangun Good Governance: Tugas Kita Bersama. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Mufti Dg. Malino 2017.Profil RSUD Raja Tombolotutu 2016

Mulyadi, 2013. Pedoman Pelaksanaan Sanitasi Lingkungan Dalam Pengendalian Vektor, Direktorat Jenderal PPM dan PL, Kemenkes RI, Jakarta.

Notoatmodjo, 2012.Metode Penelitian Kesehatan, edisi revisi, Rineka Cipta, Jakarta.

Nugroho S dan Trihadiningrum Y, 2015, Kajian Pengelolaan Sampah Medis Pada RSUD dr. Soedono Madiun. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi V, Program Studi MMT-ITS, Surabaya, diakses tanggal 3 Nopember 2017

Riza Hapsari, 2012.Pedoman Sanitasi Rumah Sakit Di Indonesia, Direktorat Jenderal PPM & PL dan Direktorat Jenderal Pelayanan Medik, Kemenkes RI, Jakarta.

Sabarguna BS, 2012. Manajemen operasional rumah sakit. Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng-DIY. Yogyakarta

Tjokroamidjojo B 2014.Good governance:Paradigma Baru Manajemen Pembangunan.


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 2 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.