EFEKTIFITAS FILTRASI ARANG TEMPURUNG DAN ARANG TONGKOL JAGUNG DALAM MENURUNKAN KESADAHAN PADA AIR SUNGAI DI KELURAHAN BONESOMPE KOTA POSO

Sri Andriany Susilawati(1*), Jamaluddin Sakung(2), Hamidah Hamidah(3)
(1) Kesling, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Biostatisik dan KB, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.406

Abstract


Air dan kesehatan adalah dua hal yang saling berhubungan. Kualitas dari air yang dikonsumsi dapat menentukan derajat kesehatan bagi manusia. Air selain bermanfaat, juga merupakan media sarang penularan penyakit terhadap manusia. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektifitas filtrasi arang tempurung dan arang tongkol jagung dalam menurunkan kesadahan pada air sungai di Kelurahan Bonesompe Kota Poso. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen. Dimana dalam penelitian ini peneliti menguji efektifitas filtrasi arang tempurung dan arang tongkol jagung dalam menurunkan kesadahan pada air sungai di Kelurahan Bonesompe Kota Poso. Hasil pemeriksaan sebelum perlakuan didapatkan yaitu 110.41 mg/L. Sedangkan hasil setelah perlakuan menggunakan 1 kg arang tempurung yaitu 90.35 mg/L, menggunakan 2 kg arang tempurung yaitu 85.88 mg/L, menggunakan 1 kg arang tongkol jagung yaitu 82.95 mg/L, dan menggunakan 2 kg arang tongkol jagung yaitu 97.37 mg/L,  Kesimpulan dalam penelitian ini perlakuan yang lebih efektif untuk digunakan sebagai penyaring kadar kesadahan air sungai yaitu menggunakan arang tongkol jagung 1 kg. Saran penelitian ini ditujukkan bagi pihak masyarakat Kelurahan Bonesompe agar dapat memperthatikan kualitas air sungai yang akan digunakan dimana diketahui penggunaan air sungai sebagai air konsumsi dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit.


Full Text:

PDF

References


Affandy, Nur A., Lubis, Z., 2014, Kebutuhan Air Bersih di Kecamatan Lamongan, Jurnal Tekhnik Vol 6, No.2

Dwi Suyanto, 2012, Analisis Variabel yang Mempengaruhi Kualitas Air minum Depot Isi Ulang Kota Semarang.

Hardiyanti, dkk, 2012. Analisis Kuantitas dan Kualitas Air Danau Unhas Sebagai Sumber Air. Jurnal Tugas Akhir Unhas Makassar.

Istria, P.R, 2015. Aktivasi Arang Tongkol Jagung Menggunakan HCl sebagai Adsorben ion Cd(II). Skripsi. Jurusan Kimia. Program Studi Kimia. Fakultas Matemamatika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Kusnaedi, 2010, Mengolah Air Kotor untuk Air Minum. Bekasi: Penebar Swadaya.

Pengki Irawan, 2012, Potensi Cadangan Air Tanah, IPB, Bogor.

Syahrir, M. S. 2012, Studi Pengolahan Air Melalui Media Filter Pasir Kuarsa (Studi Kasus Sungai Malimpung). 1-10.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.