FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KUNJUNGAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS LAMBUNU 1 KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Saljum Hanau Gotion(1*), Jamaluddin Sakung(2), Sri Wayudin Moonti(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Hukum, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.405

Abstract


Keaktifan kunjungan ibu hamil merupakan suatu upaya pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu. Pemeriksaan kehamilan sejak dini agar tidak terlambat mendapatkan pertolongan. Peningkatan cakupan kunjungan merupakan salah satu program puskesmas melalui kader asuh untuk membantu ibu agar mau melakukan kunjungan kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keaktifan kunjungan ibu hamil di puskesmas Lambunu 1 Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitina ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study di mana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang diperoleh dari hasil penghitungan dengan menggunakan rumus penentuan sample dari 205 populasi ibu hamil yang terdaftar di puskesmas Lambunu 1 Kabupaten parigi Moutong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungana yg bermakna antar kualitas dengan nilai p = 0,001 (p<0,05), pekerjaan dengan nilai p = 0,000 (p<0,05), dan dukungan keluarga dengan nilai p = 0,000 (p<0,05) dengan keaktifan kunjungan ibu hamil di puskesmas Lambunu 1 Kabupaten Parigi Moutong. Ditujukkan bagi pihak puskesmas agar selalu meningkatkan sosialisasi melalui penyuluhan tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan di pelayanan kesehatan dengan tujuan menurunkan angka kematian ibu setiap tahunnnya.


Full Text:

PDF

References


Apriyanti, 2012. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pelayanan Antenatal Care (ANC) dengan Praktek Pemeriksaan Kehamilan Sesuai Standart Minimal 7T di Puskesmas Sidoharjo Kabupaten Sreagen Tahun 2010. Maternal volume 3 edisi oktober 2010.

Asihani Dewi, 2015. Hubungan antara Pekerjaan dan Sikap Ibu Hamil tentang Antenatal Care dengan Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan di Rumah Bersalin Permata Bunda Sragen. Program Studi Kedokteran Keluarga. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tesis.

Diani, Lisa. 2013. Pengaruh Dukungan Suami terhadap Istri yang Mengalami Kecemasan pada Kehamilan Trimester Ketiga di Kabupaten Gianyar. Jurnal Psikologi Udayana.

Dinarohmayanti. 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan perilaku Ibu Hamil Melakukan Kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Kauditan Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah Bidan 2(2):34-40.

Khayati, Sri. 2013. Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Antenatal Care pada Ibu Hamil di Puskesmas Padang Matinggi Kota Padang Sidempuan. Skripsi. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia. Jakarta

Nurislami Dewi, 2014. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan pekerjaan terhadap Keteraturan Kunjungan Antetal Care pada Ibu Postpartum di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Arjowinangun Kota Malang.e-jurnal keperawatan gizi volume 4.

Sartika, 2017. Data Profil Puskesmas 2016 Tentang Kunjungan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Lambunu 1 Kabupaten Parigi Moutong.

Yulianti, Dini. 2013. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Perawatan Kehamilan pada Ibu Hamil yang Mengalami Abortus Spontan di Klinik Bidan nerli desa sampe raya kecamatan bahorok Kabupaten langkat. Departemen Kependudukan dan Biostatistik. FKM. Universitas Sumatera Utara.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.