MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SIENJO KECAMATAN TORIBULU KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Naima Naima(1*), Sudirman Sudirman(2), Muhammad Anzar(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Hukum, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.404

Abstract


Manajemen Mutu pelayanan kesehatan merupakan proses rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan. Mutu pelayanan kesehatan diantaranya kehandalan, tanggung jawab, efesiensi atau efektifitas. Penelitian ini bertujuan untuk Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari 1 orang informan utama 4 informan tambahan dan 2 orang informan biasa di Puskesmas Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan kesehatan ditinjau dari yaitu : 1) ketanggapan sudah baik, 2) tanggung jawab sudah baik, 3) efesiensi sudah baik 4) dan efektivitas belum baik di Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kecamatan Toribolu Kabupaten Parigi Moutong. Ditujukan bagi pihak instansi Puskesmas Diharapakan melakukan penambahan fasilitas kesehatan dan petugas kesehatan harus memberikan pelayanan lebih efektif agar menjadi penilaian bagi mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong.

Full Text:

PDF

References


Arifudin, A., Sudirman, S., & Andri, M. 2017. Evaluasi Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia pada Penempatan Kerja Petugas di Upt Puskesmas Lembasada. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1-14.

Budiman. 2015. Hubungan Status Demografi Dengan Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan Jamkesmas Di Wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2015. Jurnal Kesehatan Kartika, 27, 2015.

Bustami. 2012. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Penerbit Erlangga. Jakarta.

DepKes. 2013. Manajemen Puskesmas Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Medik.

Dwiyanto. 2014. Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 2, No 2. Kabupaten Wonogiri.

Ertanto. 2012. Hubungan antara Kualitas Pelayanan Tenaga Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Badan Rumah Sakit Umum DR. H Soewondo Kendal.

Hermanto. 2013. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Jurnal Kesehatan Vol. 2 No.3.

Hesti Wulandari. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RS Soeharto Herdjan Tahun 2014. Skripsi. Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Hufron A. 2012. Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Penumping Kota Surakarta. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ma’rifatun Laila. 2012. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Wates tahun 2012. KTI. Stikes Alma Ata. Yogyakarta.

Rando, dkk. 2013. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Salemba Medika. Jakarta.

Riskyanti, 2013. Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien umum di Pusat Puskesmas Kota Makassar. Skripsi Keshatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar.

Suwarni. 2013. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Swasta Rumah Sakit Kanker Dharmais Tahun 2013”. Jakarta Barat.


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.