FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN POSYANDU LANSIA DESA TIKOPO KECAMATAN BOKAT KABUPATEN BUOL

Surya Purnama(1*), Sudirman Sudirman(2), Herlina Yusuf(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.403

Abstract


Data yang di peroleh dari kader posyandu, kehadiran lansia di Posyandu lansia Desa Tikopo pada bulan Agustus 2017 sampai Oktober 2017 menunjukkan bahwa jumlah lansia yang terdaftar di Posyandu lansia sebanyak 63 orang. Tingkat kehadiran pada bulan Agustus 2017 sebanyak 10 orang, bulan September sebanyak 8 orang, bulan Oktober sebanyak 12 orang. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan posyandu lansia di Desa Tikopo kecamatan Bokat Kabupaten Buol. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh lansia di Desa Tikopo Kecamatan Bokat Kabupaten Buol, yaitu berjumlah 63 orang lansia. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah jumlah dari populasi yaitu 63 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan pemanfaatan posyandu lansia dengan nilai P Value 0,001 < 0,05, Ada hubungan antara sikap lansia dengan pemanfaatan posyandu lansia dengan nilai P Value 0,001 < 0,05, Ada hubungan antara peran kader dengan pemanfaatan posyandu lansia dengan nilai P Value 0,001 < 0,05 dan Ada hubungan antara dukuingan keluarga dengan pemanfaatan posyandu lansia dengan nilai P Value 0,001 < 0,05. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian ini adalah diharapkan agar ada peningkatan kinerja serta peran petugas kesehatan khususnya pada Posyandu lansia, sehigga lansia yang ada di Desa Tikopo bias termotivasi dan mau berkunjung ke Posyandu lansia untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Full Text:

PDF

References


Aryantiningsih, D. S. 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Posyandu Lansia di Kota Pekanbaru. An Nadaa Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2), 42-47.

Fadli Ricky, Abas. 2015. Faktor yang Mempengaruhi Minat Lansia Dalam Mengikuti Posyandu Lansia di Wilayah Puskesmas Buko Kabupaten Bolaang Mongondong Utara. Http://Eprints.Ung.Ac.Id/Id/Eprint/12450

Badan Pusat Statistik. Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS). 2014

Fadilah. 2015. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kunjungan Lansia ke Posyandu Lansia di Posyandu Bugenvel 50 Desa Ggut Kabupaten. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi. 3(2).

Handayani. 2017. Gambaran Dukungan Keluarga Terhadap Pemanfaatan Posyandu Lansia di Kelurahan Karasak Kota Bandung. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Padjajaran.

Henniwati. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Posyandu Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas Kabupaten Aceh Timur. Tesis. Tidak diterbitkan. Sekolah Pascasarjana. Universitas Sumatra Utara

Infodatin. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI (Situasi Lanjut Usia di Indonesia). Jakarta Selatan. 2016

Kemenkes RI. 2013. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan Semester 1 2013. Jakarta.

Kosasi, S. M., & Sobirin, C. 2016. Hubungan Pengetahuan tentang Posyandu Lansia Dengan Kunjungan Posyandu pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Guguak Panjang Bukittinggi. Jurnal Kesehatan, 5(1).

Maryam, S.R. 2012. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Salemba Medika. Jakarta.

Ningsih, R., Arneliwati & Lestari. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Lansia Mengunjungi Posyandu Lansia. JOM Psik. 1 (2).1-10

Pertiwi, Herdini Widyaning. 2017. Faktor–Faktor yang Berhubungan dengan Frekuensi Kehadiran Lanjut Usia di Posyandu Lansia. Bidan Prada : Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol . 4 No. 1 Edisi Juni 2017

Puskesmas Bokat. 2016. Laporan Tahunan 2015. Kabupaten Buol.

Putra, Deri. 2015. Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Sikapak Kota Pariaman Tahun 2015. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas.

Statistik Penduduk Lanjut Usia. 2013. Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional. Jakarta.

Sukardianto. 2015. Hubungan Sikap dengan Kunjungan Lansia untuk Datang ke

Posyandu Lansia di Kelurahan Tuatunu Wilayah Kerja Puskesmas Gerunggang Tahun 2014. Skripsi tidak di terbitkan. Pangkalpinang. Stikes Abdi Nusa Pangkalpinang.


Article Statistic

Abstract view : 6 times
PDF views : 3 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.