FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LALUNDU KABUPATEN DONGGALA

Suhaeti Suhaeti(1*), Abdul Hakim Laenggeng(2), Eka Prasetia Hati Baculu(3)
(1) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.402

Abstract


Kekurangan gizi masih menjadi masalah yang menjadi penyebab utama kematian ibu dan anak sehingga perlu untuk diatasi agar menurunkan angka kejadiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi Ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 orang ibu hamil diperoleh dari hasil penghitungan dengan menggunakan rumus penentuan sampel dari 117 populasi ibu hamil yang terdaftar di Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan nilai p = 0.004 (p < 0.05), anemia dengan nilai p = 0.001 (p < 0.05), dan pola makan dengan nilai p = 0.001 (p < 0.05) dengan status gizi ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dari ketiga variabel independen yang diteliti (pengetahuan, anemia dan pola makan) didapatkan memiliki hubungan dengan variabel dependen (status gizi pada ibu hamil), saran bagi pihak Puskesmas Lalundu selalu meningkatkan sosialisasi tentang pola makan/asupan makanan pada ibu hamil melalui penyuluhan, pemberian tablet Fe pada ibu hamil setiap kunjungan di fasilitas pelayanan, tujuannya agar menambah pengetahuan ibu hamil dan dapat mencegah terjadinya anemia dan keadaan status gizi tidak normal.

Full Text:

PDF

References


Adhiyati. 2013. Hubungan Pengetahuan dan Asupan Gizi Terhadap Kejadian KEK Pada Ibu Hamil di Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah Propinsi Lampung. Tesis, Universitas Gajah Mada.

Bahagiawati. 2013. Hubungan antara Pengetahuan tentang Anemia dan Asupan Gizi Pada Ibu Hamil dengan Resiko Terjadinya Anemia Dalam Kehamilan di Puskesmas Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat Periode 10-18 Desember 2007. Ebers Papyrus, Vol 13 (4) : 169-176.

Dewi, Cahaya. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan anemia pada ibu Hamil di Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2013. Jurnal. D-III Kebidanan Stikes Darul Azhar Batulicin.

Erdawati, 2015. Hubungan Karakteristik Ibu hamil dengan kejadian Anemia Pada Ibu Hamil di Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2015. Jurnal. D-III Kebidanan Stikes Darul Azhar Batulicin.

Ernawati, 2012. Hubungan Pengetahuan Ibu Hami Tentang Anemia Defisiensi Besi Dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Besi di Puskesmas Karangdowo, Klaten. Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621, Vol5 (2) : 110-118.

Khayati, Sri. 2013. Hubungan nutrisi dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Desa Situwangi Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara Tahun 2013. Skripsi. keperawatan Stikes darul azhar Batulicin.

Mariana. 2013. Hubungan Pola Konsumsi, Ketersediaan Pangan, Pengetahuan Gizi dan Status Kesehatan dengan Kejadian KEK Pada Ibu Hamil di Kabupaten Simanlungun. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Pangemanan. 2013. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dengan Status Gizi Selama Kehamilan di Puskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal Keperawatan (E-kp) Vol 1 Nomor 1. Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi.

Rahmaniar. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil di Tampa Padang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Makassar. Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

Rosmala. 2017. Data Jumlah Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Donggala.

Sambeka, Marlan. 2013. Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tuminting Kec.Tuminting Kota Manado Universitas Samratulangi. Journal Keperawatan (e-Kp). Volume 1. Nomor 1.

Srianingsih. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Nutrisi Terhadap Status Gizi

Surasih. 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keadaan Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada Ibu hamil di Kabupaten Banjar Negara Kota Semarang. Skripsi sarjana IKM Universitas Negeri Semarang.

Tanawani. 2015. Hubungan Pola Makan dan Pola Kerja Bumil dengan Kejadian Anemia di Kecamatan Yapen Selatan Kabupaten Yapen Waropen. Thesis, Universitas Gajah Mada.

Yani, A., Suriah, S., & Jafar, N. 2017. Pengaruh SMS Reminder Terhadap Perilaku Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Fe. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(1), 12-20.

Yuliantini. 2013. Hubungan Antara Konsumsi Energi dan Protein dengan Status Gizi Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas I Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia.


Article Statistic

Abstract view : 5 times
PDF views : 3 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.