FAKTOR RISIKO KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA OGODOPI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Ni Wayan Sudarni(1*), Sudirman Sudirman(2), Nur Afni(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.401

Abstract


Hipertensi adalah penyakit yang kejadiannya sering dijumpai pada lansia dan kejadiannya diperkirakan akan terus meningkat seiring pertambahan usia dan perubahan gaya hidup. Hipertensi merupakan kondisi patologis yang dapat menyebabkan kelainan multiorgan termasuk mata, jantung, ginjal dan otak. Tujuan penelitian adalah untuk faktor risiko kejadian hipertensi pada lansia di Desa Ogodopi Wilayah Kerja Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini penelitian survei analitik yaitu penelitian yang mencoba menggali bagaimana faktor risiko itu terjadi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan case control. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 64 responden yang terdiri dari 32 kasus dan 32 kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pola makan dengan nilai OR = 16.111 > 1, aktifitas fisik dengan nilai OR = 3.857 > 1 dan penyakit diabetes militus dengan nilai OR = 21.923 > 1 terhadap Penyakit hipertensi pada lansia di Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan ada pengaruh ketiga variabel independen (pola makan, aktifitas fisik, dan penyakit diabetes militus dengan variabel dependen penyakit hipertensi pada lansia. Saran dalam penelitian diharapkan bagi pihak instansi terkait Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong mampu meningkatkan sosialisasi dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di posbindu pada lansia agar menurunkan angka kejadian penyakit hipertensi.

Full Text:

PDF

References


Alissia, Sinta. 2014. Hubungan Asupan Gizi, Konsumsi Suplemen, Aktivitas Fisik, Dan Riwayat Hipertensi Dengan Hipertensi Pada Orang Dewasa Vegetarian Di Pusdiklat Buddhis Maithreyawira Jakarta Barat Tahun 2014. Skripsi. Fakultas kesehatan masyarakat. Universitas Indonesia. Depok.

Anggraini. 2015. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Pasien yang Berobat di Poliklinik Dewasa Puskesmas Bangkinang.

Asriati, 2014. Faktor Risiko Riwayat Keluarga, Status Gizi dan Riwayat Penyakit Diabetes Militus dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Pattingalloang Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanuddin. Makassar

Lewa, Abdul Farid. 2012. Faktor-Faktor Risiko HipertensiSistolik Terisolasi pada Lansjut Usia di Kalibawang Kabupaten Kulonprogo Provinsi Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Berita Kedokteran. Vol. 26. No. 4. Fakultas Kedokteran. Universitas Gaja Madha. Yogyakarta.

Mukarramah. 2014. Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Kolongan Kecamatan Kaawat Kabupaten Minahasa Utara 2014. Jurnal Keparawatan (e-Kp), Vol.2, (1): 1-10.

Rahajeng. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tekanan Darah di Puskesmas Telaga Murni, Cikarang Barat Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 5 (1); 4 (1).

Rara Oktaviance, S. 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penyakit Hipertensi pada Lanjut Usia di Poskeskel Rengas Pulau Marelan Medan Tahun 2014. Jurnal Kesehatan. STIKes Santa Elisabeth Medan.

Safitri, Nadia. 2016. Analisis Faktor Risiko Kejadian Hipertensi pada Masyarakat di Pesisir Sungai Siak Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 3 No 1.

Sidabutar. 2013. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi primer pada masyarakat di wilayah kerja Piskesmas Rumbai Pesisir. Skripsi. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Universitas Airlangga. Surabaya.

Sudartinah. 2012. Hubungan Pola Makan, Gaya Hidup dan Status Gizi pada Pralansia dan lansia dengan hipertensi di Kelurahan Kejiwaan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo Tahun 2012. Skripsi. Universitas Indonesia. Depok.

Suriyani, Lilis. 2017. Profil Data Laporan Tahunan Tentang Penyakit Tidak Menular (Hipertensi) Dinas Kota Parigi dan Dinas Provinsi Sulawesi Tengah.

Yekti. 2013. Faktor Risiko Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Skrispi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Yuliarti. 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Hipertensi Pada Usia Lanjut Di Posbindu Kota Bogor Tahun 2013. Tesis. Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.


Article Statistic

Abstract view : 6 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.