HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN PEMILIHAN NON METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (N-MKJP) DI KELURAHAN TANAMODINDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAWATUNA

Titik Siti Nindyakaryawati(1*), Jamaluddin Sakung(2), Hamidah Hamidah(3)
(1) Bagian Biostatistik Kependudukan dan KB, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Biostatistik Kependudukan dan KB, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.399

Abstract


Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu strategi untuk mengurangi kematian ibu khususnya ibu dengan kondisi 4T; terlalu muda melahirkan (di bawah usia 20 tahun), terlalu sering melahirkan, terlalu dekat jarak melahirkan, dan terlalu tua melahirkan di atas usia 35 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan tingkat pendapatan dengan pemilhan Non Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (N-MKJP) di kelurahan Tanamodindi Wilayah Kerja Puskesmas Kawatuna. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional yang dalam pelaksanaannya baik variabel bebas (independent) maupun variabel terikat (dependent) dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang sama. Berdasarkan hasil uji chi-square yang dilakukan menunjukkan bahwa pemilihan Non Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (N-MKJP) memiliki hubungan dengan pengetahuan dengan nilai p value = 0,028 dan tingkat pendapatan memiliki hubungan dengan pemilihan Non Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (N-MKJP) dengan nilai p value = 0,008. Penelitian ini disarankan bagi pihak Puskesmas Kawatuna agar meningkatkan sosialisasi melalui penyuluhan mengenai pemilihan alat kontrasepsi dalam melakukan upaya peningkatan akseptor Keluarga Berencana (KB).

Full Text:

PDF

References


BKKBN. 2016. Profil BKKBN. Palu: BKKBN Propinsi Sulawesi Tengah

BKKBN Kota Palu. 2016. Profil BKKBN Kota Palu. Kota Palu: BKKBN Kota Palu

Dinas Kesehatan Kota Palu. 2016. Profil Kesehatan Kota Palu 2016. Palu

Indah Budiarti, dkk. 2017. Determinan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Pada Akseptor KB. Jurnal Kesehatan Vol 8 No. 2.

Kementrian Kesehatan RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2016. Jakarta

Manuaba, Chandranita dan Fajar. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit, Kandungan

dan Keluarga Berencana. Jakarta: EGC

World Health Organization. 2015. Data Kematian Wanita di Dunia.

Yusuf, D., Rajindra, R., Kadir, H. A., Marwana, M., & Mutmainnah, M. (2018). Field Performance Family Planning Officer. Jurnal Sinar Manajemen, 5(1), 61-68.


Article Statistic

Abstract view : 3 times
PDF views : 2 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.