HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SMPN 2 BIAU KABUPATEN BUOL

Nurul Musliha A. Ismail(1*), Munir Salham(2), Hamidah Hamidah(3)
(1) Bagian Biostatistik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Kespro, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.394

Abstract


Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa yang dimulai pada saat terjadinya kematangan seksual yaitu antara usia 11 atau 12 tahun sampai dengan 20 tahun. Remaja putri dan menstruasi mempunyai kaitan yang sangat erat karena menstruasi merupakan salah satu permasalahan yang penting pada remaja putri. Remaja putri dikatakan sudah memasuki masa pubertas ketika ia telah mengalami menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk diketahuinya hubungan pengetahuan dengan sikap remaja putri dalam menghadapi Menarche di SMP Negeri 2 Biau Kabupaten Buol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan metode Cross Sectional Study. Dengan jumlah 44 sampel dengan dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. dan menggunakan uji Statistik yaitu Chi – square (X2). Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada
hubungan pengetahuan dengan sikap remaja dalam mengahadapi menerche dengan niali ρ 1,000> 0.05, Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan pengetahuan dengan sikap remaja dalam mengahadapi menerche di SMP Negeri 2 Biau Kabupaten Buol. Saran dalam penelitian ini adalah Diharapkan para guru terutama guru BK (Bimbingan Konseling) harus lebih meningkatkan pemberian informasi dan bimbingan pada siswanya mengenai perilaku yang sehat dalam menghadapi menstruasi maupun gangguan menstruasi

Full Text:

PDF

References


Anggariksa, Ekky, 2013, Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Terhadap Sikap Menghadapi Sindrom Pre-Menstruasi Pada Remaja Putri Kelas X Dan Xi Man 2 Madiun, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Azwar, S.2011. SikapManusiaTeori dan Pengukurannya. PustakaPelajar, Yogyakarta.

Notoatmodjo, 2012, Ilmu Perilaku Kesehatan, Edisi Revisi, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Proverawati dan Maisaroh.2011.menarche menstruasi pertama penuh makna, Nuha medika Yogyakarta

Ratna, Dewi. 2009. Hubungan Pengetahuan Menstruasi Dengan Perilaku Kesehatan Remaja Puteri Tentang Menstruasi Di SMPN 1 Trenggalek, Prodi D-IV Kebidanan, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sianipar, O., Bunawan, N. C., Almazini, P., Calista, N, 2009. Prevalensi Gangguan Menstruasi dan Faktor-faktor yang Berhubungan pada Siswi SMU di Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. Majalah Kedokteran Indonesia, Volume: 59, Nomor: 7, Jakarta.

Widyastuti, dkk,. 2009. Kesehatan Reproduksi. Fitramaya, Jakarta.

Wiknjosastro .2013. Ilmu Kandungan. Edisi kedua. Cetakan ketujuh. PT bina pustaka sarwono prawirohardjo, Jakarta.

Yetty, A. 2010. Psikologi Ibu dan Anak, Fitramaya, Jakarta.


Article Statistic

Abstract view : 16 times
PDF views : 29 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.