EVALUASI MANFAAT PROGRAM BPJS DI PUSKESMAS DUNGINGIS KECAMATAN DAKOPAMEAN KABUPATEN TOLITOLI

Yumiati Yumiati(1*), Jamaluddin Sakung(2), Nur Afni(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.389

Abstract


Jumlah penduduk di Kecamatan Dakopamean berjumlah 9.180 Jiwa dimana jenis kelamin laki-laki berjumlah 4.631 dan perem[uan berjumlah 4.549 jiwa sedangkan pengguna BPJS hanya 2.125 Jiwa. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran secara jelas atas sejumlah fakta-fakta yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Informan berjumlah 6 orang yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui data primer dan data skunder. Pengeolalahan data melalui reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manfaat program BPJS belum mencapai hasil yang diharapkan. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang belum mengerti cara mendaftar BPJS. Efesiensi waktu tunggu aktif kartu BPJS selama satu minggu. Sedangakan kecukupan sumber daya manusia yang dimiliki tenaga medis belum mencukupi. Hal ini disebabkan karna pendidikan yang dimiliki tenaga medis masih rendah, pendidikan perawat dan bidan masih banyak yang berpendidikan Diploma. Sedangakan untuk aspek fasilitas yang dimiliki Puskesmas Dungingis Kecamatan Dakopamean Kabupaten Tolitoli sudah cukup memadai sehingga dapat dikatakan apa yang dirasakan oleh pasien telah mencukupi. Penelitian ini menyarankan kepada pihak puskesmas dan BPJS Kecamatan Dakopamean agar kiranya dapat mempermudah dan mempercepat kembali proses pendaftaran BPJS dan pihak puskesmas dungingis Kecamatan Dakopamean agar lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui tingkat pendidikan yang lebih tinggi lagi khususnya tenaga medis perawat dan bidan.

Full Text:

PDF

References


Arifianto. 2012. Diare Merupakan Salah Satu Masalah Kesehatan Masyarakat Yang Kejadiaanya Sangat Erat dengan Keadaan Sanitasi Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, USU, Medan

Hiswani. 2003. Diare Menjadi Masalah Kesehatan Masyarakat Yang Yang Berhubungan dengan Keadaan Sanitasi Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, USU, Medan

Simatupang. 2004. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Diare tahun 2004. Program Sarjana Falkutas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara, Medan.

Sutrisno. 2010. Faktor Resiko Diare pada Bayi dan Anak Balita di Indonesia Systemmatic Review Penelitian Akademik Bidang Kesehatan Masyarakat. Depertemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Falkutas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok, Indonesia.

Widiyanti. 2004. Analisis Kualitatif Bakteri Koliform pada Depo Air Minum Isi Ulang di Kota Singaraja Bal, falkutas P-MIPA IKIP Negeri Singamaharaja Jurusan Pendidikan Biologi, Qualitative Analysis Of Coliform Bacteria At Some Shops Refilled Drinking Water In Singaraja Bali , Indonesia.

World Health Organization (WHO). 2016. Angka Kejadian Diare Menurut World Health Organization. (On line http:// www.fk.unad.ac.id. di akses tanggal 10 Januari 2018)


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.