FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PETUGAS KESEHATAN DI PUSKESMAS LAMBUNU 2 KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Marsita S. Dj Matu(1*), Sudirman Sudirman(2), Herlina Yusuf(3)
(1) AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.380

Abstract


Kinerja dalam setiap organisasi dilakukan oleh segenap sumber daya manusia dalam organisasi. Sumber daya merupakan salah satu faktor terpenting dalam suatu organisasi yang dapat menentukan tercapainya tujuan organisasi. Tujuan Penelitian adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan di Puskesmas Lambunu 2 Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 orang petugas kesehatan yang bekerja di Wilayah Kerja Puskesmas Lambunu 2 (total populasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara kemampuan dengan nilai p = 0.007 (p < 0.05), motivasi kerja dengan nilai p = 0.016 (p < 0.05), dan gaya kepemimpinan dengan nilai p = 0.003 (p < 0.05) dengan kinerja petugas kesehatan di Puskesmas Lambunu 2 Kabupaten Parigi Moutong. Diharapkan bagi pihak instansi terkait Puskesmas Lambunu 2 Kabupaten Parigi Moutong mampu meningkatkan kinerja petugas kesehatan agar pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Nenny. 2011. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. Journal Penelitian Pendidikan Artika Bina Perdana 2012. Universitas Diponegoro dengan Judul “Hubungan Kemampuan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Pegawai Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan”. Djestawana, I. G. G. 2013. Perbaikan Sikap Kerja Pada Proses Manggur Mengurangi Beba Kardiovaskuler Dan Keluhan Pada Otot Perajin Gamelan Bali Di Desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung. JURNAL Dunia Kesehatan Volume 1 No 2 Desember 2012, 1(2).

Kristanty Natalia. 2012. Analisis pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Petugas kesehatan di Puskesmas Kampala Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai Universitas Methodist Indonesia. Tesis. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Kusumawati, 2012. Hubungan gaya kepemimpinan dan pengetahuan dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Roemani Semarang. Jurnal Kesehatan. Vol.2 No.2

Ramsar, 2012. Penerapan Fungsi Manajemen di Puskesmas Minasa Upa Kota Makassar. Salam, J. (2013). Hubungan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Wara Selatan Kota Palopo. Jurnal AKK, 2(2), 29-34.

Suparman. 2013. Analisis Pengaruh Peran Kepemimpinan, Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Tesis. Semarang. Universitas Diponegoro.

Susanta, I Wayan. 2013. Pengaruh Kompensasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Jasa Konstruksi di Denpasar, Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, Vol. 2 No. 2, Hal. 1 – 8.

Triasmoro, Debby. 2014. Pengaruh Kemampuan, Motivasi, dan disiplin kerja dengan Kinerja pegawai di Puskesmas Bantar Tasikmalaya Vol. 1, No. 2:49-60.


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.