EVALUASI KESEHATAN DASAR BASIC SIX PROGRAM POKOK PUSKESMAS TOMBIANO KECAMATAN TOJO BARAT KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Merlian Ahmad(1*), Abdul Hakim Laenggeng(2), Mohammad Andri(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.375

Abstract


Program kesehatan dasar Basic Six terdiri dari: Promosi kesehatan, Kesehatan lingkungan, Pencegahan Pemberantasan Penyakit Menular, Kesehatan Keluarga dan Reproduksi, Perbaikan Gizi masyarakat dan Penyembuhan Penyakit dan Pelayanan Kesehatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesehatan dasar basic six program Puskesmas Tombiano Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari 1 orang informan utama (kepala puskesmas) dan 6 informan tambahan (Koordinator masing-masing program pelayanan kesehatan). Hasil penelitian mengenai evaluasi program kesehatan dasar Basic Six di Puskesmas Tombiano Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una yang terdiri dari Kesehatan Keluarga dan Reproduksi belum berjalan dengan baik, Perbaikan Gizi masyarakat sudah berjalan dengan baik, Promosi kesehatan sudah berjalan dengan baik, Pencegahan Pemberantasan Penyakit Menular belum berjalan dengan baik, Kesehatan Lingkungan berjalan dengan baik dan Penyembuhan Penyakit dan Pelayanan Kesehatan belum berjalan dengan baik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa evaluasi pelaksanaan 6 program kesehatan dasar Basic Six terdapat tiga program yang belum berjalan dengan baik. Ditujukan bagi pihak instansi Puskesmas Tombiano diharapakan perlu adanya koordinasi mengenai evaluasi setiap program puskesmas agar pelayanan kesehatan berjalan dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Agus Triwahyudi. 2012. Efektivitas Pelaksanaan Program Bina Keluarga Remaja (BKR) Pada Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Di Kecamatan Medan Deli. Medan: ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dinda Utami. 2014. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Pandeglang, Program Pasca Sarjana Universitas gadjah Mada, Yogyakarta.

Efendi Rustam. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanudin.

Gilang Harianto, 2013. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Pandeglang. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas gadjah Mada. Yogyakarta.

Hufron, 2014. Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Penumping Kota Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta. Kementerian Kesehatan RI.

Lukman Tanan. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Bara Permai Kota Palopo. Tesis. Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM UNHAS Makassar.

Mauludin, 2014. Analisis Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya Terhadap Image (studi pada Penderita Rawat Inap RSUD. DR. R. Koesma Tuban). Jurnal Penelitian Akuntansi, Bisnis dan Manajemen, Vol. 7, No. 1; 37-51.

Rahma Hamid, 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM UNHAS Makassar.

Sri Purwaningsih. 2017. Profil Data Laporan Puskesmas Tombiano Kabupaten Tojo Una-Una tentang Program Kerja Puskesmas Tahun 2016. Tojo Una-Una

Surahman, 2012. Program pelayanan kesehatan masyarakat luar gedung di Puskesmas Prambanan Kabupaten Sleman. Tesis. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Waluyo, 2014. Pengaruh Penkes terhadap Kepuasan Pasien di ruang Rawat Inap RSUD Madiun. Tesis. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Article Statistic

Abstract view : 10 times
PDF views : 3 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.