PERILAKU NARAPIDANA SEBELUM TERJERAT KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A KOTA PALU

Mentari Afianti(1*), Achmad Herman(2), Ahmad Yani(3)
(1) Bagian PKIP, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian PKIP, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian PKIP, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.374

Abstract


Penyalahgunaan narkoba di Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan, hal ini di perkuat dengan jumlah narapidana dengan kasus penyalahgunaan narkoba terus meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku narapidana kasus penyalahgunaan narkoba di Lembaga Pemasyarakatan klas II A Kota Palu. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui metode indepth interview dengan 5 informan, dimana informan kunci merupakan penjaga tahanan atau sipir yang bertugas khusus di blok narapidana dengan kasus narkoba, penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 9 Februari sampai dengan tanggal 15 April 2018 di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kota Palu. Dari hasil penelitian tentang perilaku narapidana sebelum terjerat kasus penyalahgunaan narkoba di Lembaga Pemasyarakatan klas II A kota Palu dapat disimpukan bahwa perilaku narapidana dalam menyalahgunakan narkoba disebabkan oleh berbagai macam penyebab, yaitu yang pertama karena pengaruh dari lingkungan keluarga yang kurang harmonis lalu mereka mencari solusi dengan bergaul bersama rekan-rekan pengguna narkoba, kemudian tuntutan ekonomi yang memaksa narapidana untuk berprofesi sebagai pengedar demi mencukupi kebutuhan. Disarankan kepada petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kota Palu dalam membina perilaku narapidana, ada baiknya peran petugas di lapangan dapat dimaksimalkan untuk berinteraksi lebih dalam kepada narapidana supaya merasa lebih baik dan menerima serta memiliki tujuan hidup yang benar-benar mereka inginkan.

Full Text:

PDF

References


Afianty, R. D.(2014). Gambaran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Siswa Siswi Sekolah Menengah Kejuruan “X” Tentang Napza Di Kota Bandung Tahun 2014 (Naskah Publikasi). Bandung: Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha.

Ismono. (2017). Profil Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kota Palu. Palu.

Lory, J. (2016, January 28). BNN Kota Palu Optimis Turunkan Jumlah Pecandu Narkoba. Retrieved Oktober 20, 2017, From http://www.beritasatu.com

Madyaratri, A. (2017). Motif Perilaku Menyimpang Remaja Dengan Kasus Penyalahgunaan Narkoba Di Kota Surabaya. Jurnal Paradigma Volume 05 .

Mesfin, K. et al. (2017). Knowledge of drug use and associated factors as perceived by health professionals, farmers, the youth and law enforcement agencies in Ethiopia. departemen of Community Health, Faculty of Medicine, Addis Ababa University .

Notoadmodjo S.(2007), Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta

Sharma, M. Chaudary, M. (2016) A Study of Drugs and Substance Abuse among Adolescents of Slum Dwellers. The International Journal of Indian Psychology ISSN 2348.

Thomas, J. Munir, G. (2017) Effects of drugs of abuse on hippocampal plasticity and hippocampus-dependent learning and memory: contributions to development and maintenance of addiction. Department of Biobehavioral Health, Penn State University, University Park, Pennsylvania 16802, USA.


Article Statistic

Abstract view : 10 times
PDF views : 5 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.