ANALISIS PERBEDAAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TERHADAP PEMBERIAN PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG KEHAMILAN DI DESA TOMPO WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAOPA KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Ni Nyoman Karmiti(1*), Abdul Hakim Laenggeng(2), Ahmad Yani(3)
(1) Bagian PROMKES, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian PROMKES, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.373

Abstract


Penyuluhan kesehatan tentang kehamilan yang diberikan petugas kesehatan kepada ibu hamil mempunyai tujuan yaitu untuk menambah pengetahuan ibu hamil tentang bagaimana merawat kandungan selama masa kehamilan sampai masa persalinan yaitu dengan cara berkunjung ke fasilitas kesehatan melakukan antenatal care serta konseling kepada petugas kesehatan. Langkah dilakukan penyuluhan kesehatan kepada ibu hamil agar menurunkan angka kejadian kematian ibu dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pengetahuan Ibu Hamil Terhadap Pemberian Penyuluhan Kesehatan Tentang Kehamilan di Desa Tompo Wilayah Kerja Puskesmas Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan pendekatan one grup pre test-post test design yaitu sebuah kelompok sampel dengan subjek yang sama namun mengalami penilaian yang berbeda antara sebelum dan sesudah perlakuan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 ibu hamil (jumlah populasi) yang terdaftar di Desa Taopa Kecamatan Tompo Kabupaten Parigi Moutong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan kesehatan tentang kehamilan pada ibu hamil di Desa Tompo Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong dengan nilai peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan 5,60 menjadi 8,31 nilai mean rata-rata atau nilai t-hitung yaitu 11,835. Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan ada perbedaan pengetahuan ibu hamil sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan kesehatan tentang kehamilan. Saran dalam penelitian diharapkan bagi pihak instansi terkait khususnya Puskesmas dan Desa sasaran yaitu Desa Tompo yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Taopa agar meningkatkan sosialisasi kesehatan melalui media penyuluhan dan leaflet dengan tujuan agar ibu hamil aktif dalam kunjungan ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan.

Full Text:

PDF

References


Apriyanti, 2012. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Pelayanan Antenatal Care (ANC) dengan Praktek Pemeriksaan Kehamilan Sesuai Standart Minimal 7T di Puskesmas Sidoharjo Kabupaten Sreagen Tahun 2010. Volume 3 edisi Oktober 2010.

Asihani, D. 2015. Hubungan antara Persepsi dan Sikap Ibu Hamil tentang Antenatal Care dengan Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan di Rumah Bersalin Permata Bunda Sragen. Tesis.Program Studi Kedokteran Keluarga. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Handayani L. 2017. Data Profil Puskesmas 2016 Tentang Kunjungan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Taopa.

Indarwati M. 2012. Hubungan antara Intensitas Pemeriksaan Kehamilan, Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Konsumsi Tablet Besi dengan Tingkat Keluhan Selama Kehamilan. Jurnal Gizi dan Pangan 3(1):12-21.

Notoatmodjo, 2012. Pendidikan dan Perilaku kesehatan. Rineka Cipta. Cetakan 2 Jakarta.

Nurislami D. 2014. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Antenatal Care dengan Keteraturan Kunjungan Antetal Care pada Ibu Postpartum di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Arjowinangun Kota Malang.e-jurnal keperawatan gizi volume 4.

Rahmawati 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Bayumas Purwokerto. The Soedirman Jurnal Of Nursing, vol 3, Universitas Jendral Soedirman.


Article Statistic

Abstract view : 28 times
PDF views : 13 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.