PERILAKU LANSIA DALAM MENCEGAH PENYAKIT HIPERTENSI DI KELURAHAN BESUSU BARAT WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINGGANI KOTA PALU

Vivi Indah Sari(1*), Achmad Herman(2), Ahmad Yani(3)
(1) Bagian PROMKES, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian PROMKES, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian PROMKES, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.371

Abstract


Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan penting di seluruh dunia karena prevalensinya yang tinggi dan terus meningkat serta hubungannya dengan penyakit kardiovaskuler, stroke, retinopati, dan penyakit ginjal. Hipertensi juga menjadi faktor risiko ketiga terbesar penyebab kematian. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif pada enam informan yang menderita penyakit hipertensi di Kelurahan Besusu Barat Kecamatan Palu Timur. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku lansia dalam mencegah penyakit hipertensi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan wawancara mendalam. Penelitian dilakukan dari tanggal 24 April - 9 Juni 2018. Informan dalam penelitian ini lansia penderita hipertensi dan menjadi informan kunci adalah kader posbindu yang terlibat secara langsung dalam pencegahan penyakit hipertensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan lansia mengenai pencegahan penyakit hipertensi hanya mencapai tingkatan tahu dikarenakan informasi yang diperoleh masih belum jelas benar dan juga banyak faktor yang mempengaruhi lansia untuk melakukan suatu tindakan pencegahan sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Disarankan bagi lansia yang memiliki penyakit hipertensi untuk aktif memeriksakan kesehatannya di puskesmas ataupun di posbindu yang telah disediakan.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S M D. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Nuha Medika.

Dinkes Kota Palu. 2016. Laporan Kasus Baru Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kota Palu. Palu

Dinkes Sulteng. 2013. Cakupan Pengukuran Tekanan Darah Menurut Jenis Kelamin, Kabupaten/Kota dan Puskesmas Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2013. Palu.

Dinkes Sulteng. 2014. Pengukuran Tekanan Darah Penduduk >18 Menurut Jenis Kelamin, Kabupaten/Kota, dan Puskesmas Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2014. Palu.

Dinkes Sulteng. 2016. Jumlah Kasus Baru Penyakit Tidak Menular Kabupaten/Kota Tahun 2016. Palu.

Herlambang, S., 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Cetakan Pe., Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Wulandhani, S.A., Nurchayati, N., Lestari, W. 2014. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Lansia Hipertensi Dalam Memeriksakan Tekanan Darahnya. JOM PSIK. Vol.1 No.2.


Article Statistic

Abstract view : 9 times
PDF views : 11 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.