PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA LEAFLET TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP PENGETAHUAN KADER KESEHATAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DONGGALA

Jhon Stuart Wantania(1*), Abdul Hakim Laenggeng(2), Sri Wayudin Moonti(3)
(1) Bagian Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.370

Abstract


Dalam mewujudkan kehidupan yang bersih dan sehat secara terencana, berdasarkan situasi wilayah, diperlukan pemahaman dan tahapan. Memperkenalkan ide dan teknik celing dan mengadopsi perilaku perubahan oleh masyarakat secara luas. Program ini dimulai dari apa yang diketahui, diinginkan, dan dilakukan oleh masyarakat. Penelitian ini tentang hidup bersih dan sehat menuju wawasan kader kesehatan di Puskesmas Donggala. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan quasi-experimental one group pretest - posttest design dengan 73 sampel menggunakan paired t-test statistical test. Pengaruh penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penyuluhan kesehatan melalui selebaran terhadap wawasan kader dengan p value 0,000 <0,05. Perbedaan antara frekuensi wawasan kader setelah intervensi diseminasi dengan nilai p 0,000. Penelitian ini menunjukkan bahwa Puskesmas Donggala khususnya divisi promosi untuk menyebarluaskan program PHBS kepada kader dan masyarakat sehingga mereka dapat memperoleh informasi tentang pentingnya PHBS.

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI, 2011, Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga, Jakarta.

Kemenkes RI, 2012, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Pusat Promosi Kesehatan, Jakarta.

Lubis ASZ, Lubis LN, dan Syahrial E. 2013. Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak tentang PHBS di SD Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013. Jurnal Ilmiah. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara.

Machfoedz dan Suryani E. 2010, Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Fitramaya, Yogyakarta.

Notoatmodjo, 2010, Ilmu Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

___________, 2012, Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.

Thary, 2012, PHBS Wujud Awal Bangsa Sehat, Majalah Dokter Kita Edisi IV, http//www.goggle.co.id, diakses tanggal 27 September 2017.


Article Statistic

Abstract view : 2 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.