ANALISIS PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PREEKLAMSIA DI PERKOTAAN DAN PEDESAAN

Jasmia Abdullah(1*), Jamaluddin Sakung(2), Herlina Yusuf(3)
(1) Biostatistik Kependudukan dan KB, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) GIZI, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.369

Abstract


Kematian ibu menurut definisi WHO adalah kematian selama kehamilan atau dalam periode 42 hari setelah berakhirnya kehamilan, akibat semua sebab yang terkait dengan atau diperberat oleh kehamilan atau penanganannya tetapi bukan disebabkan oleh kecelakaan/cidera. Penyakit preeklamsia masih merupakan masalah kesehatan masyarakat dinegara berkembang seperti di Indonesia, karena masih timbul pada ibu hamil dan sering disertai kematian yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan ibu hamil tentang preeklamsia diperkotaan dan pedesaaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang bersifat analitik dengan pendekatan Quary Eksperimen, yang dalam pelaksanaannya hanya variabel bebas (independent). Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney Test yang dilakukan bahwa pengetahuan ibu hamil diperkotaan dan pedesaan ada perbedaan yang menunjukkan bahwa nilai P Value = 0,002. Ditujukan bagi pihak Puskesmas Pantoloan dan Puskesmas Wani agar lebih meningkatkan lagi sosialisasi melalui penyuluhan mengenai kesehatan ibu agar dapat mencegah lebih dini terjadinya penyakit preeklamsia.

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan, Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat, Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA). Palu, 2015.

Kementerian Kesehatan. 2014. Mother’s Day dalam Ertikel Pusat Data dan Informasi. Pusdatin. Jakarta

Kementerian Kesehatan. 2016. pusat data dan informasi Profil Kesehatan Indonesia 2015. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Mardiana, N. S. 2016. Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Preeklampsia Pada Ibu Hamil (Studi Kasus Di RSUD Kabupaten Brebes Tahun 2014) . Journal of Public Health , 91-99.

Sarwono, Prawirohardjo. 2015. Jakarta : Ilmu Kebidanan. Bina Pustaka Sarwono.

Lingardini K, Apriliana HD. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pada Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Tentang Preeklamsia di Wilayah Kerja Puskesmas Sokaraja I. MEDIASAINS vol 14 no 2 Agustus.

Yani, A., Suriah, S., & Jafar, N. (2017). Pengaruh SMS Reminder Terhadap Perilaku Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Fe. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(1), 12-20.


Article Statistic

Abstract view : 3 times
PDF views : 2 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.