FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT PNEUMONIA PADA ANAK BALITA DI RSUD MOKOPIDO KABUPATEN TOLITOLI

Hasnawati Hasnawati(1*), Sudirman Sudirman(2), Nur Afni(3)
(1) Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.367

Abstract


Pneumonia pada balita masih menjadi masalah kesehatan utama di indonesia. Hal ini terlihat dengan tingginya angka morbiditas dan mortalitas akibat pneumonia. Salah satu upaya pneumonia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan penyakit pneumonia pada anak balita di RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain “Cross Sectional Study”. Sampel penelitian adalah semua balita yang berumur 1-5 tahun yang dirawat diruang perawatan anak RSUD Mokopido Tolitoli dengan jumlah 84 sampel, pengambilan sampel dilakukan secara Accidental Sampling dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Chi-Square. Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa ada hubungan kebiasaan merokok didalam rumah dengan penyakit pneumonia dengan nilai p 0,000 < 0,05, ada hubungan status gizi dengan penyakit pneumonia dengan nilai p 0,000 < 0,05 dan ada hubungan pemberian ASI esklusif dengan penyakit pneumonia dengan nilai p 0,000 < 0,05. Diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi dan bahan masukan bagi RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli sehingga dapat melakukan penyuluhan kepada keluarga pasien mengenai faktor yang mempengaruhi terjadinya pneumonia utamanya Kebiasaan keluarga merokok di dalam rumah, Status Gizi dan Pemberian ASI Esklusif.

Full Text:

PDF

References


Chahaya, Indra. 2013. Faktor-faktor kesehatan lingkungan perumahan yang mempengaruhi kejadian Pneumonia pada balita di perumahan nasional mandala, kecamatan percutei tuan, kabupaten deli serdang. Majalah kedokteran nusantara vo. 3810 agustus 2016.

Efni, Y, dkk. 2016. Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Kelurahan Air Tawar Barat Padang. Jurnal Kesehatan Andalas 2016.

Fanada, M. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumoniapada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kenten Palembang Tahun 2012. Palembang : Badan Diklat Provinsi Sumatera Selatan.

Hasnawati. 2017. Medical Record RSUD Mokopido Tolitoli. Laporan Pneumonia.

Hartati, S, dkk. 2012. Faktor Risiko Terjadinya Penyakit Pneumonia Pada Anak Balita Di Rumah Sakit X Jakarta. Jakarta.

Hartati, S. 2012. Analisis faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian Pneumonia pada balita di RSUD Pasar Rebo Jakarta. Tesis, Universitas Indonesia. Jakarta.

Henny, M., Sartika, Dewi. 2012. Faktor Lingkungan Rumah Dan Praktik Hidup Orang Tua Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pneumonia Pada Anak Balita Di Kabupaten Kubu Raya Tahun 2012,Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia Vol. 11 No. 2.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia 2014. Jakarta. Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Umum Gizi Seimbang: Panduan Untuk Petugas.

Kunoli, J, Firdaus. 2013. Epidemiologi Penyakit Menular. Jakarta

Maryunani A. 2010. Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Tim, Jakarta.

Prasetyono. 2012. Buku Pintar ASI Eksklusif. Yogya : Diva Press.

Profil kesehatan indonesia 2015. Sumber: Ditjen P2P, Pengendalian Penyakit| Kementerian Kesehatan Ri.

Profil kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah 2015. Sumber: UPT Survailans, Data dan Informasi,Penyakit Menular Langsung.

Rachmawati A. 2013. Faktor Resiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita Umur 12-48 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Wijen Kota Semarang.Jurnal Kesehatan Masyarakat UNDIP.

Rasyid, Zul Meliza. 2013. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Pneumonia Anak Balita di RSUD Bankinang Kabupaten Kampar. Jurnal Kesehatan Komunitas Vol : 2 No: 3

Regina, Rimasati. 2013. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Miroto Semarang Tahun 2013. Artikel Ilmiah. Univesitas Dian Nuswantoro Semarang

Sugihartono & Nurjazuli. 2012. Analisis Faktor Risiko Kejadian Pneumonia Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo Kota Pagar Alam, Vol. 11, No.1.

World Health Organization.2012. Pneumonia.

World Health Organization.2014. Pneumonia.

World Health Organization 2015. Kejadian Pneumonia di Dunia.


Article Statistic

Abstract view : 7 times
PDF views : 3 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.