FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN DESA DI WILAYAH PUSKESMAS KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Eva Susanti(1*), Sudirman Sudirman(2), Mohammad Andri(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.366

Abstract


Kinerja bidan adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan bidan untuk meningkatkan kesehatan Ibu dan anak. Tujuan penempatan bidan di desa adalah untuk meningkatkan mutu dan pemerataan jangkauan pelayanan kesehatan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi yang didukung oleh meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Tujuan Penelitian adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan desa di Wilayah Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang bidan yang bekerja di Wilayah Kerja Puskesmas Kasimbar(total populasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara personal dengan nilai p = 0.004 (p< 0.05),kepemimpinandengan nilai p = 0.005 (p< 0.05),teamdengan nilai p = 0.009 (p< 0.05)dan sistem dengan nilai p = 0.032 (p< 0.05)dengan kinerja bidandi Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan ada hubungan keempat variabel independen (personal, kepemimpinan, team dan sistem) dengan variabel dependen (kinerja pegawai). Saran dalam penelitiandiharapkan bagi pihak instansi terkait Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong mampu meningkatkan kinerja bidan agar pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas lebih baikmelalui reward (penghargaan).

Full Text:

PDF

References


Djestawana, I. Gusti Gede. "Perbaikan Sikap Kerja Pada Proses Manggur Mengurangi Beba Kardiovaskuler Dan Keluhan Pada Otot Perajin Gamelan Bali Di Desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung." JURNAL Dunia Kesehatan Volume 1 No 2 Desember 2012 1.2 (2013).

Gunawan, 2014. Faktor-faktor yang Memengaruhi Ibu dalam Memilih Penolong Persalinan, Buletin Penelitian Kesehatan, Jakarta.

Hasidah. 2017. Data daftar bidan petugas kesehatan di Puskesmas Kasimbar). Kasimbar

Perdana, Artika Bina. 2012. Hubungan Kemampuan Kerja, Kepuasan Kerja dan Disiplin dengan Kinerja Pegawai Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Univeritas Diponegoro. Semarang

Rinjani. 2014. Hubungan Kemampuan Kerja dan Motivasi Dengan Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Pangkal Pinang. Kepulauan Bangka Belitung.

Riyani, 2012.Determinan Kinerja Bidan Dalam melakukan Pelayanan Antenatal di Puskesmas Kota Bandar Lampung tahun. 2008. Tesis Pascasarjana. Universitas Diponegoro.

Rumisi. 2014. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Bidan di Desa di Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2002. Tesis Pascasarjana. Depok. FKM UI Salam, Jumhur. 2013. Hubungan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Wara Selatan Kota Palopo. Jurnal AKK. Vol 2 No 2, Mei 2013, hal 29-34.

Yani, A. (2018). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KERENTANAN PENYAKIT DIARE PASCA PELAKSANAAN PESTA ADAT KIKI SAPU DAN HAMBATAN TERHADAP PENCEGAHANNYA. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(2), 58-62.


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.