FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KUNJUNGAN IBU BALITA KE POSYANDU DESA WATUAWU KECAMATAN LAGE KABUPATEN POSO

Dewi Ningsh Noeralim(1*), Abdul Hakim Laenggeng(2), Herlina Yusuf(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.364

Abstract


Permasalahan yang berhubungan dengan keaktifan kunjungan ibu balita ke Posyandu merupakan suatu masalah yang harus mendapatkan perhatian yang lebih dari berbagai pihak yang terkait. Semakin meningkatnya jumlah kejadian kematian dan kesakitan ibu, bayi dan balita, maka semakin penting keberadaan Posyandu untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya ibu serta bayi/balitanya. Tujuannya program kegiatan posyandu adalah pemberian imunisasi, pemantauan gizi balita, pemantauan tumbuh kembang balita dan pemberian vitamin, pemberian makanan tambahan dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu di Desa Watuawu Kecamatan Lage Kabupaten Poso. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 ibu yang mempunyai balita diperoleh dari jumlah populasi di Desa Watuawu Kecamatan Lage Kabupaten Poso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05), ada hubungan dukungan keluarga dengan nilai p = 0.004 (p < 0.05), dan tidak ada hubungan fasilitas pelayanan di posyandu dengan nilai p = 0.243 (p > 0.05) dengan Keaktifan Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu Desa Watuawu Kecamatan Lage Kabupaten Poso. Ditujukan bagi pihak Puskesmas Tagolu selalu meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya Keaktifan Kunjungan Ibu Balita ke posyandu di kalangan masyarakat khususnya pada ibu agar memperhatikan kesehatan anak balitanya.

Full Text:

PDF

References


Altum, E. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Cakupan Penimbangan Balita di Posyandu Kabupaten Aceh Timur Tahun 2015. Tesis, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Pasca Sarjana Universitas Indonesia. Depok.

Ambarwati, 2013. Pengaruh Karakteristik Ibu Balita Terhadap Anstisipasi dalam Penimbangan (D/S) di Posyandu Desa Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan Tahun 2013. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Medan.

Arifudin, A., Sudirman, S., & Andri, M. (2017). Evaluasi Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia pada Penempatan Kerja Petugas di Upt Puskesmas Lembasada. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1-14.

Sabriyah, S., Sudirman, S., & Nor, A. R. A. C. (2017). Mplementation Proffering of Claim Guarantee Health of National Health in Hospital Anutapura Palu. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 118-128.

Oktavia, S., Sudirman, S., & Kadri, A. (2017). The Relation of Marketing Mix with Customers Loyalty in Laboratory Clinical of Prodia Palu. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1).

Fitriani, 2013. Hubungan Pendidikan Ibu dengan Kunjungan Balita Ke Posyandu di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah, III(2).

Giovani, L. 2013. Hubungan Antara Karakteristik Ibu Balita dengan Kunjungan Balita dalam Kegiatan Posyandu di Kelurahan Genuksari Kecamatan Genuk Kota Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Hayya, Y. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ibu yang Mempunyai Balita dalam Menggunakan Posyandu di Desa Cimarias Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Skripsi, Universitas Padjajaran. Bandung.

Kurnia, N. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Balita dalam Memanfaatkan Pelayanan Gizi Balita di Posyandu Kelurahan Sukasari Kecamatan Tangerang. Skripsi. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Manadin, 2014. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Ketidakhadiran Balita di Posyandu Desa Tambaharjo Kecamatan Pati Kabupaten Dati Ii Pati.

Merly, 2018. Buku Laporan Kegiatan Posyandu Tentang Jumlah Kunjungan Balita Puskesmas Tagolu Kabupaten Poso Tahun 2016. Poso.

Mubarak, IW. 2012. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Salemba Medika.

Octaviani, U. 2015. Hubungan Keaktifan Keluarga dalam Kegiatan Posyandu dengan Status Gizi Balita di Desa Rancaekek Kulon Kecamatan Rancaekek. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran, Bandung.

Soeryoto, 2012. Hubungan Faktor Karakteristik Ibu Balita dengan Cakupan Penimbangan Balita di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2000. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta.

Suwarsini, 2013. Hubungan Karakteristik Ibu dan Peran Kader dengan Tingkat Kehadiran Ibu Balita Di Posyandu Desa Pelem Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Jurnal Kesehatan. Vol. 2. No. 2. Surabaya.


Article Statistic

Abstract view : 2 times
PDF views : 3 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.