FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINIU KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Risnayanti Risnayanti(1*), Sudirman Sudirman(2), Rosnawati Rosnawati(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.353

Abstract


Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi tidak satu pun makanan lain yang dapat menggantikan ASI, Karena ASI mempunyai kelebihan yang meliputi tiga Aspek yaitu Aspek gizi, Aspek kekebalan, Aspek kejiwaan berupa jalinan kasih sayang penting untuk perkembangan Mental dan kecerdasan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 orang ibu diperoleh dari hasil penghitungan dengan menggunakan rumus penentuan sampel dari 128 populasi yang terdaftar di Wilayah Kerja Puskesmas Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05) dan sikap dengan nilai p = 0.019 (p < 0.05), dengan pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah didapatkan ada hubungan kedua variabel independen (pengetahuan dan sikap) dengan variabel dependen (pemberian ASI Eksklusif). Ditujukan bagi pihak Puskesmas agar selalu meningkatkan sosialisasi melalui penyuluhan tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif pada bayi di pelayanan kesehatan dengan tujuan agar ibu dapat memahami dan mengerti manfaat ASI baik bagi bayi maupun bagi ibu yang memberikan.

Full Text:

PDF

References


Damalia, 2014. Faktor yang mempengaruhi lama pemberian ASI pada Ibu Bekerja sebagai Pegawai Swasta di Jakarta. Skripsi Kedokteran Universitas Indonesia.

Eva Rima, 2013. “Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Laktasi dalam Memberikan ASI di 6 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat”. Jurnal Gizi dan Kesehatan Vol. 2, No. 2

Hartatik, 2013. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Gunungpati Kecamatan Gunung pati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Marini, 2014. Hubungan antara Karakteristik dan Pengetahuan Ibu tentang ASI dengan Praktek Pemberian Kolostrum, Jawa Barat. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.

Notoatmodjo, 2012. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta.

Ririn, 2017. Profil Dinas Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2016. Tentang Kesehatan Ibu dan Anak. Palu

Siallagan Y, 2012. Faktor Yang Behubungan Dengan Pemberian ASI Ekslusif pada Bayi (0-6 bulan) di Kelurahan Bantan Kecamatan Medan Tembung. Skripsi FKM USU 2013.

Trisnayanti, 2014. “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Pemberian ASI Ekslusif di Wilayah Kerja Puskesmas Pamotan”. Unnes Journal of Public Health.

Ulfah, 2014. “Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Mengenai Air Susu Ibu (ASI) Dengan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Bunda Asy-Syifa Kota Bandar Lampung”. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung

Utami, 2012. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Ibu dalam Praktik Pemberian ASI Esklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan. Kuba Kabupaten Bangka Tengah. Jakarta. Universitas Indonesia.

Yeni Darmayanti, 2017. Profil Puskesmas Siniu Tahun 2016-2017 Tentang Kesehatan Ibu dan Anak. Siniu


Article Statistic

Abstract view : 3 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.