FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PETUGAS KESEHATAN PELAYANAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT DI PUSKESMAS KAMONJI KOTA PALU

Adhi Wahyudi(1*), Munir Salham(2), Abdul Kadri(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.352

Abstract


Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) merupakan suatu pendekatan terhadap balita sakit secara terpadu yang dilaksanakan di Puskesmas Kamonji namun dalam pencapaian cakupannya selama tiga tahun terakhir mengalami penurunan. Pencapaian cakupan MTBS tersebut merupakan gambaran dari kinerja petugas kesehatan dalam pelayanan MTBS.Selain itu juga masih tingginya jumlah kasus penyakit diare dan pneumonia pada balita, dimana kedua penyakit tersebut adalah sasaran dari MTBS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan pelayanan manajemen terpadu balita sakit di Puskesmas Kamonji Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian cross sectional. Jumlah populasi yaitu 43 petugas kesehatan yang semuanya dijadikan responden (total sampling). Data dianalisis secara deskriptif yaitu analisis univariat dan bivariat, pada taraf kepercayaan 95% (p<0,05). Hasil uji Rank Spearmen, menunjukkan bahwa variabel pengetahuan tidak berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan (ρ=0,375), sedangkan variabel yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan adalah sikap (ρ=0,003), motivasi (ρ=0,008), kepemimpinan (ρ=0,043) dan fasilitas (ρ=0,019). Perlunya dilakukan pemenuhan fasilitas untuk pelayanan MTBS di Puskesmas Kamonji agar petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal terhadap pelayanan MTBS.

Full Text:

PDF

References


Chairunnisah, R, Nuryadi, Eri Witcahyo, 2014, Hubungan Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Pegawai dengan Kinerja Puskesmas di Kabupaten Jember, Jurnal Pustaka Kesehatan, vol. 2, no. 3, hh. 445-452.

Depkes RI. 2008, Buku Bagan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS). Direktorat Bina Kesehatan Anak. Jakarta

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. 2016, Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016. Palu

Donsu, A, Cahya T. P, Tjondrorini, 2013, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan Desa dalam Penerapan Informed Choice dan Informed Consent pada Pelayanan Kontrasepsi di Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, vol. 1, no. 2, hh 143-152.

Handayani, T. 2012, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Petugas MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) Di Puskesmas Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012. Skripsi,Universitas Indonesia, Jakarta.

Illustri, S.,2015, Faktor-Faktor Yang Psikologis Yang berhubungan Dengan Kinerja Perawat Di Irna Utama RSUP DR.Mohammad Hosein Palembang Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Bina Husada Vol, 10(4).

Ma’wah, M. 2015, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat di Ruang Inap Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan Tahun 2015. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Novitasari, Suci. 2014. Hubungan Tingkat Asupan Protein, Zat Besi, Vitamin C dan Seng dengan Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri di SMA Batik 1 Surakarta. Karya Tulis Ilmiah Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Widyatmini, W., & Hakim, L. 2008, Hubungan kepemimpinan, kompensasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai dinas kesehatan kota depok. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 13(2).

Yulianti, E, 2014, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bidan Puskesmas dalam Penanganan Ibu Hamil Risiko Tinggi di Kabupaten Pontianak Tahun 2012, Jurnal Ilmiah Bidan, vol. 2, no. 1, hh. 10-17.

Yuniarti, K W, dkk. 2012. Illness perception, stress, religiosity, depression, social support, and self management of diabetes in Indonesia. International Journal of Research Studies in Psychology, 2/1: 25-41.


Article Statistic

Abstract view : 4 times
PDF views : 6 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.