ANALISIS KANDUNGAN ZAT GIZI MAKRO PADA KALDU IKAN SIDAT (Anguilla marmorata) DI KOTA POSO

Faisal Sibeng Libbe(1*), Jamaluddin Sakung(2), Budiman Budiman(3)
(1) Gizi kesmas, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Gizi kesmas, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.351

Abstract


Kaldu ikan merupakan makanan olahan dari cairan dengan campuran ikan sidat atau biasa juga menggunakan daging sapi atau ayam. Namun belum ada penelitian yang mengkaji tentang kandungan gizi pada kaldu ikan sidat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan zat gizi makro pada kaldu ikan sidat di kota Poso. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen laboratorium untuk penelitian ini bertujuan untuk melihat kadar zat gizi makro pada kaldu ikan sidat (Anguilla marmorata) di Kota Poso. Dalam pelaksanaannya meliputi data, analisis dan interpretasi tentang data yang diperoleh dari hasil analisis laboratorium. Penelitian ini dilakukan di laboratorium kimia FMIPA Universitas Tadulako dan dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kadar karbohidrat uji 1 sebesar 8,069 mg dan uji 2 sebesar 7,972 mg dan hasil dari rata-rata nilai karbohidrat sebesar 8,020 mg untuk nilai kadar lemak uji 1 sebesar 2,443 mg dan uji 2 lemak sebesar 2,630 mg dari hasil rata-rata nilai lemak sebesar 2,536 mg untuk nilai kadar protein pada uji 1 sebesar 1,498 mg dan uji 2 lemak sebesar 1,268 mg dari hasil rata-rata sebesar 1,383 mg. Kaldu ikan sidat merupakan salah satu makanan alternatif yang baik karena mengandung zat gizi yang cukup tinggi. Disarankan agar pemerintah melakukan beberapa diversifikasi pangan untuk meningkatkan daya tarik masyarakat mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk memperbaiki status gizi masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Alfyan, M. T. 2010. Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Status Gizi Siswa di SMA Harapan 1 Medan. Jurnal Universitas Sumatera Utara. Medan.

Asli, K. 2014. Nutritive Value and Fatty Acids Profile of Fresh Indonesian Eel (Anguilla bicolor) and Kabayaki.Jurnal Sains Kesihatan Malaysia, 12(1), 41-46.

Cakrawati dan Mustika. 2012. Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta.

Ciptanto, S. 2010. Top 10 Ikan Air Tawar Panduan Lengkap Pembesaran Secara Organik diKolam Air, Kolam Terpal, Karamba, dan Jala Apung. Lily Publisher. Yogyakarta.

Krismono, 2011.Penyelamatan ikan sidat di Danau Poso.Pros. Forum Nasional Pemacuan Sumberdaya Ikan III.KSI. 13: p.1-8.

McKinnon, L.J. (2011). A review of eel biolgy: Knowledge and Gaps, EPA Victoria and Audentes Investments Pty, Ltd.

Setiawan. 2013. Pemanfaatan Residu Daging Ikan Gabus (Ophiocephalus Striatus) Dalam Pembuatan Kerupuk Ikan Beralbumin.Jurnal Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan, 1 (1), 21-32.

Tarau, E. 2011. Pengaruh Kombinasi Tepung Ikan Sidat (Anguilla marmorata (Q.) Gaimart) dan Tepung Terigu terhadap Kualitas Biskuit Crackers. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Widyasari. 2014. Pemanfaatan Limbah Ikan Sidat Indonesia (Anguilla bicolor) sebagai Tepung pada Industri Pengolahan Ikan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Jurnal Gizi


Article Statistic

Abstract view : 10 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.