EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN TERPADU PUSKESMAS (SP2TP) DI PUSKESMAS KAWUA KECAMATAN POSO SELATAN KABUPATEN POSO

Erwin Passapari(1*), Sudirman Sudirman(2), Andi Reza Alief Chairin Nor(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Tadulako Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.345

Abstract


Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) dapat berperan banyak dalam menunjang proses manajemen Puskesmas. Melalui SP2TP, puskesmas diwajibkan mengumpulkan data transaksi pelayanan baik pelayanan UKP maupun UKM secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program SP2TP dari aspek input (sumber daya manusia, fasilitas dan dana), aspek procces (pencatatan dan pelaporan) dan aspek output (ketepatan waktu dalam pelaporan, pencatatan dan penyetoran laporan bulanan) di Puskesmas Kawua Kabupaten Poso. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. dalam penelitian ini terdiri dari 5 (lima) orang 3 informan utama dan 2 informan tambahan di Puskesmas Kawua Kecamatan Poso Selatan Kabupaten Poso. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas di Puskesmas Kawua sudah terlaksana meskipun belum optimal, selain itu terdapat beberapa masalah yaitu, belum adanya koordinasi yang baik antara koordinator SP2TP dengan petugas SP2TP, tidak adanya teknologi yang menunjang pelaksanaan program SP2TP, belum adanya dukungan sumber daya manusia khusus pelaksanaan SP2TP baik secara kualitas dan kuantitas, dan untuk pengiriman laporan umumnya petugas yang bertugas mengantarkan laporan SP2TP ke Dinkes Kota masih menggunakan fasilitas dan saranan milik pribadi, tanpa diberi biaya dana operasional dan masih adanya petugas yang merekap data laporan secara manual dan tidak tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh Koordinator SP2TP di Puskesmas Kawua Kecamatan Poso Selatan Kabupaten Poso. Ditujukan bagi pihak instansi Puskesmas Kawua Perlu adanya koordinasi antara petugas dengan koordinator SP2TP yang baik dan terbuka agar pelaksanaan program ini berjalan lancar, adanya bantuan dana dari pemerintah serta adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pelaksanaan SP2TP di puskesmasdi Puskesmas Kawua Kecamatan Poso Selatan Kabupaten Poso.

Full Text:

PDF

References


Fadlia. 2012. Evaluasi Pelaksanaan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Tingkat Puskesmas Lampa. Kabupaten Pinrang. Sulawesi Selatan.

Ferri, Anton. 2013. Evaluasi pelaksanaan sistem pencatatan dan pelaporan terpadu Puskesmas di Kabupaten Karimun. Skripsi. FKM UGM. Yogyakarta.

Mardia, 2012. Studi Pencatatan dan Pelaporan Kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari tahun 2009. Skripsi. FKM Universitas Halu Oleo. Kendari.

Permenkes RI, 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2014, tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Putri Andini, 2013. Analisis Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas (SP3) dengan Penerapan Simpus Puskesmas Karangmalang Semarang Tahun 2013. Artikel Ilmiah. FKM Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Setyowati, 2014. Evaluasi Penerapan Simpus untuk Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas di Puskesmas Pandanaran Semarang Tahun 2014. Artikel Ilmiah. FKM Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Supraba, A. 2013. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien pada Puskesmas Pakem Yogyakarta. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informasi dan Komputer Amikom Yogyakarta. Yogyakarta

Supriyadi, A. 2011. Analisis Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Elektronik (Simpustronik) dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada Petugas BP (Balai Pengobatan Puskesmas di Kabupaten Situbondo. Skripsi. FKM Universitas Jember.

Suryani, 2013. Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) di Wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Provinsi NTB. Jurnal Kesmas Vol. 7 No. 1. FKM Universitas Indonesia. Jakarta.


Article Statistic

Abstract view : 13 times
PDF views : 9 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.