HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG DI KELURAHAN LOLU SELATAN WILAYAH KERJAPUSKESMAS BIROBULI

Dewi Canda(1*), Jamaluddin Sakung(2), Herlina Yusuf(3)
(1) 1Bagian Biostatistik Kependudukan KB, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Biostatistik Kependudukan KB, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.338

Abstract


Jumlah penduduk dunia terus tumbuh dan telah mencapai 7,2 milyar pada tahun 2013, demikian juga di Indonesia menurut Badan Pusat Statistik jumlah penduduk Indonesia pada sensus 2015 mencapai 253.609.643 juta orang. Pemerintah dalam rangka upaya pengendalian jumlah penduduk, menerapkan program Keluarga Berencana (KB) sejak tahun 1970 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan reproduksi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan dukungan suami dengan pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kelurahan Lolu Selatan Wilayah Kerja Puskesmas Birobuli.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional yang dalam pelaksanaannya baik variabel bebas (independent) maupun variabel terikat (dependent) dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang sama.Berdasarkan hasil uji chi-square yang dilakukan menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki hubungan dengan pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dengan nilai p value = 0,018 dan dukungan suami tidak memiliki hubungan dengan pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dengan nilai p value = 0,660.Hasil penelitian ini menyarankan melakukan pembinaan kepada akseptor KB aktif yang menggunakan MKJP agar tetap sebagai percontohan (role model) bagi calon akseptor yang baru, dengan demikian nantinya dapat meningkatkan cakupan pelayanan MKJP di wilayah kerjanya.


Full Text:

PDF

References


Bejo, Sondang. 2015. "Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Pasangan Usia Subur (Pus)Dengan Pemakaian Kontrasepsi Implant Di Wilayah Kerjapuskesmas Tahtul Yaman Kota Jambi Tahun 2015." Journal Scientia Vol 4 No. 1.

Dewi Astuti, Holidi I. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Suntik. Jurnal Keperawatan, Volume XI, No. 2.

Haris, Vera Suzana Dewi. 2017. "Konseling KB Menggunakan Flashcard terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Keikutsertaan Kontrasepsi IUD dan MOW Pascasalin ." Jurnal Kesehatan, Volume VIII, Nomor 2.

Indah Budiarti, Dina D, Rachmat H. 2017. "Determinan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Pada Akseptor KB". Jurnal Kesehatan Vol 8 No. 2.

Kurniawan, Herman., Nurul, R., Hidayat, R. 2017. Perilaku Akseptor dalam Memilih Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Poskesdes Anuta Singgani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Jurnal Preventif, Volume 8 No.1. 1-58.


Article Statistic

Abstract view : 5 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.