ANALISIS AKTIVITAS PEMBUKAAN LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA LAMPASIO KABUPATEN TOLI-TOLI

Arianggy Setiadi(1*), Munir Salham(2), Budiman Budiman(3)
(1) Bagian Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.333

Abstract


Pembukaan lahan (Land clearing) adalah salah satu langkah awal untuk bercocok tanam, pada suatu areal atau lahan hutan yang sebelumnya banyak ditumbuhi oleh pepohonan, gulma dan keanekaragaman hayati di dalamnya, pembukaan lahan di lakukan untuk keperluan seperti lahan perkebunan, pertanian, transmigrasi, dan keperluan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Aktivitas Pembukaan Lahan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Kesehatan Masyarakat Di Desa Lampasio Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan Deskriptif dimana dalam penelitian ini peneulis ingin mengetahui Apakah ada pengaruh aktivitas pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit terhadap kesehatan masyarakat di Desa Lampasio Kabupaten Tolitoli. Hasil penelitian dari penjelasan informan dapat di tarik kesimpulan bahwa pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit di desa lampasio sudah memberikan dampak negatif bagi masyarakat, memberikan dampak bagi sumber air bersih, tapi belum memberi dampak untuk kesehatan masyarakat di Desa Lampasio. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi bacaan di perpustakaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu mengenai pengaruh aktivitas pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit terhadap kesehatan masyarakat di Desa Lampasio Kabupaten Toli-toli.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Banggai. 2014. Profil PT. Wira Mas Permai, Dalam Angka 2014, hal 1 Perkebunan.

Dinas Lingkungan Hidup. 2016. Kondisi Lingkungan Hidup & Kecenderungannya, Status Lingkungan Hidup Daerah Kab.Toli-toli Dalam Angka Tahun 2016, Buku Data II.

Febriano, Muhammad Rizal. 2013. Pembukaan Lahan Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Sumatera Utara Bogor, September 2013.

Haris, Salampak. 2011. Kontribusi Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap penyerapan Tenaga Kerja dan Peningkatan Pendapatan Pekerja Lokal, (PT.Archipelago Timur Abadi), UGM, Kabupaten Gunung Mas 2011.

Kurniawan, 2015. Urgensi Penerapan Sistem Mutu (Kualitas) dan Produktivitas pada Pa.rik Kelapa Sawit, Prosiding Lokakarya Nasional Rapi V, FTI Universitas Trisakti, Solo 2015.

Liang. 2016. Dampak Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat, Desa Badak Mekar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara 2016.

Notoatmodjo. 2013. Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar, Jakarta 2013.

Pennsylvania. 2016. Analisis Kualitas Air dan Beban Pencemaran Berdasarkan Penggunaan Lahan di Sungai Blukar Kabupaten Kendal. Konservasi Tanah dan Air, IPB Press, Bogor 2016

Suhartini. 2016. “Peran Konservasi Keanekaragaman Hayati Dalam Menunjang Pembanguna Yang Berkelanjutan”. Jurnal Inovasi Pertanian Vol. 11,No.1 Mipa, Universitas Yogyakarta, Yogyakarta Mei 2016.


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.