HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJADENGAN KINERJA PEGAWAIDIPUSKESMAS DONGGALA KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA

Ahmad Afandi(1*), Sudirman Sudirman(2), H. Usman Y Tantu(3)
(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.332

Abstract


Sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 857/Menkes/SK/IX/2010 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Kesehatan di Puskesmas, dimana puskesmas merupakan sarana pelayana kesehatan serta pertama yang bertanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat di wilaya kerjanya dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas antara lain dilakukan dengan meningkatkan kinerja sumber daya manusia kesehatan di Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dan disiplin kerja dengan kinerja pegawai di Puskesmas Donggala Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Dengan jumlah sebanyak 44 responden pegawai di Puskesmas Donggala Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala dengan menggunakan teknik total sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan gaya kepemimpinan otoriter dengan kinerja pegawai dengan nilai p = 0,749 ≥ 0,05, tidak ada hubungan gaya kepemimpinan demokratis dengan kinerja pegawai dengan nilai p = 1.000 ≥ 0,05, tidak ada hubungan gaya kepemimpinan laissez faire dengan kinerja pegawai dengan nilai p = 1.000 ≥ 0,05, tidak ada hubungan disiplin kerja dengan kinerja pegawai dengan nilai p = 0,055 ≥ 0,05. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi Puskesmas Donggala Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala agar dapat meningkatkan gaya kepemimpinan yang lebih baik dan disiplin kerja untuk meningkatkan kinerja pegawai.

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Siregar 2010. Peningkatan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan di Biro Perecanaan Dan Keuangan Badan Pengawas Obat Dan Makanan .Program Studi Menejemen Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya; Jakarta.

Nawawi, 2010. Teknik Memimpin Pegawai Dan Pekerja. Aksara Baru; Jakarta.

Saepudin. 2011. Mengetahui Hubungan Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja.

Siswadi, Edi. 2012. Birokrasi Masa Depan. Bandung : Mutiara Press

Thoha. 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kebun Rimba Belian Inti Kabupaten Sanggau. Universitas Tanjungpura;Pontianak.

Yupartiwi. 2013. Disiplin kerja. www. Penelitian-sejalan .disiplin.kerja.com.


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.