OPTIMASI PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME-COST TRADE OFF (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Kantor PT. BANK Sulteng Cabang Luwuk)

Andi Rizal(1*)
(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

     Dalam suatu proyek, kenaikan biaya proyek pada saat pelaksanaan proyek sangat sering terjadi. Hal ini disebabkan karena waktu penyelesaian proyek ternyata lebih lama dari waktu yang direncanakan. Untuk mengatasi hal ini, sangat perlu dilakukan penjadwalan ulang proyek. Salah satu metode yang digunakan untuk penjadwalan proyek adalah metode time cost trade off, yang dalam penelitian ini akan membuktikan sejauh mana pengaruh metode time cost trade off ini dalam proses optimasi penjadwalan proyek.

     Metode penelitian yang digunakan yaitu membandingkan biaya total dan durasi proyek antara time cost trade off dengan perubahan konstrain, time cost trade off dengan penambahan tenaga kerja, dan time cost trade off dengan perubahan konstrain dan penambahan tenaga kerja. Ketiga metode tersebut dibandingkan untuk mengetahui titik optimal baik durasi maupun biaya.

     Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa durasi yang optimal terjadi pada time cost trade off dengan konstrain dan penambahan tenaga kerja yaitu 109 hari, 31 hari lebih cepat dari waktu penyelesaian rencana awal. Dimana biaya total penyelesaian proyek tersebut adalah sebesar Rp. 4,192.646.329,00 lebih hemat Rp. 94.393.398,00 dari anggaran awal.

Kata Kunci : Penjadwalan, Manajemen Konstruksi, Optimasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.