ALTERNATIF PERENCANAAN SUPERSTRUKTUR JEMBATAN PALU 1 MENGGUNAKAN BOX GIRDER SISTEM KANTILEVER

Arzal M. Zain(1*)
(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

     Jembatan Palu 1 yang terletak di tengah – tengah Kota Palu merupakan jembatan yang melayani lalu lintas paling sibuk di Kota Palu. Saat ini pada jam – jam lalu lintas sibuk jembatan Palu 1 sangat padat dengan kendaraan. Dengan dasar itu maka dibuat alternatif perencanaan jembatan dengan jalan yang lebih lebar.

     Perencanaan ini dimulai dengan pengumpulan data – data eksisting. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan tipe jembatan. Dasar – dasar perencanaan mengacu pada RSNI T-02-2005 dan RSNI T-12-2004. Setelah itu dilakukan perencanaan awal dengan menentukan dimensi – dimensi utama jembatan. Pada tahap perencanaan awal dilakukan
perhitungan terhadap struktur sekunder jembatan. Analisa beban yang terjadi seperti : analisa berat sendiri, beban mati tambahan, beban lalu lintas, dan analisa pengaruh waktu seperti creep dan kehilangan gaya prategang. Kemudian dari hasil analisa tersebut dilakukan kontrol
tegangan yang terjadi pada struktur, perhitungan penulangan box girder, dan perhitungan kekuatan dan stabilitas struktur.

     Jembatan direncanakan dengan menggunakan box girder dengan sistem kontstruksi kantilever. Ketinggian jembatan beragam mulai dari 2 m sampai dengan 3,5 m. Jembatan direncanakan dengan panjang 120 m dengan bentang 30 m, 60 m, dan 30 m.

Kata Kunci : Jembatan Box Girder, Prategang, Pasca Tarik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.