GAMBARAN SUMBER INFORMASI PHBS PADA KADER KESEHATAN

Cecep Eli Kosasih(1*), Tetti Solehati(2), Agus Rahmat(3)
(1) Faculty of Nursing UNPAD
(2) Faculty of Nursing UNPAD
(3) Faculty of Communication UNPAD
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/promotif.v8i1.230

Abstract


Desa Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat memiliki visi menjadi Desa Sehat. Sayangnya kesadaran ber-PHBS masyarakat Pangandaran masih rendah menyebabkan tingginya angka diare dan kecacingan di daerah tersebut kemungkinan karena kurangnya mendapatkan informasi tentag PHBS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber informasi PHBS pada kader kesehatan. Desain penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran Jawa Barat. Populasi penelitian adalah semua kader kesehatan yang terdapat di Desa Pangandaran sejumlah 28 orang. Sample menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah quisioner yang terdiri dari data karakteristik dan sumber informasi. Analisa yang digunakan deskriptif berupa frekuensi dan prosentase. Seluruh responden pernah mendapatkan informasi PHBS sejumlah 28 orang (100%). Pada variabel genital hygiene diperoleh bahwa sebagian kecil responden mendapatkan informasi dari media cetak sejumlah 6 orang (21,4%), hampir seluruh responden mendapatkan informasi dari petugas kesehatan sejumlah  24 orang (85,7%). Pada variabel CTPS diperoleh bahwa seluruh responden pernah mendapatkan informasi 28 orang (100%), hampir setengahnya responden mendapatkan informasi dari orang tua sejumlah  8 orang (28,6%), sebagian kecil responden mendapatkan informasi dari saudara sejumlah 3 orang (10,7%), sebagian kecil  responden mendapatkan informasi dari teman sejumlah  2 orang (7,1 %), hampir setengahnya responden mendapatkan informasi dari media sosial sejumlah 12 orang (42,9%), hampir seluruh responden mendapatkan informasi dari petugas kesehatan sejumlah 23 orang (82,1%). Kesimpulan: Seluruh responden mendapatkan informasi. Walaupun sumber informasi lebih banyak diperoleh dari petugas kesehatan dan media sosial namun masih ada informasi didapat dari teman. Perlu pendekatan yang lebih kreatif dalam pemberian informasi dari petugas kesehatan misalnya dengan menggunakan media sosial.

 


Keywords


Kader kesehatan; PHBS; sumber informasi

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia.(2004).Kebijakan Nasional Promosi Kesehatan: Keputusan Menteri Kesehatan Indonesia No 1193/MENKES/SK/X/2004. Jakarta: Depkes R.I.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.(2007). Informasi Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan.Jakarta: Depkes R.I.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.2009. Panduan Pembinaan dan Penilaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga Melalui Tim Penggerak PKK.Jakarta:Depkes R.I.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.2011. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Menteri Kesehatan RI.

Megawati, M., Suriah, S., Ngatimin, R., & Yani, A. (2018). Edukasi Tb Paru Pengetahuan Sikap Kader Posyandu melalui Permainan Simulasi Monopoli. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(1), 5-11.

Puskesmas Pangandaran. (2016). Laporan Tahunan Puskesmas Pangandaran Tahun 2016. Pangandaran: Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran. 2017. Propil Pangandaran. Retrieved Mei 6, 2017, from http://www.pangandarankab.go.id/profil-pangandaran

Riskesdas. (2008). Riset Kesehatan Dasar 2007, Laporan Nasional 2007. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.

Unicef Indonesia. (2012). Ringkasan Kajian:Air Bersih, Sanitasi, dan Kebersihan. Jakarta: Unicef Indonesia.


Article Statistic

Abstract view : 54 times
PDF views : 11 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats PROMOTIF : Jurna;l Kesehatan Masyarakat

PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat indexed in

 

Published by: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu

Editorial Address : Jalan Bukit Jabal Nur No. 3 Palu, Sulawesi Tengah 94118

e-mail : jurnal.pjkm.fkm.ump@gmail.com

Phone/SMS : +6281245936241

p-ISSN 2089-0349 || e-ISSN 2503-1139

Visitor

Flag Counter