Hubungan Kandungan Timbal (Pb) Dengan Produksi Pada Sayuran Sawi (Brassica juncea L.)

  • Budi Irawan Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Abstract

Sayuran sawi adalah sayuran yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap yang berguna untuk kesehatan tubuh. Disisi lain sawi adalah sayuran yang memperlihatkan kemampuan metabolisme, volatilisasi dan akumulasi pada timbal (Kelly, 1999), sehingga perlu kehati-hatian dalam pemamfaatannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kandungan timbal dengan produksi pada sayuran sawi. Penelitian ini merupakan percobaan eksperimen, Sampel penelitian 27 satuan percobaan, dianalisis setelah panen jumlah daun, tinggi, dan berat masing-masing sampel. Kesimpulannya: terdapat hubungan kandungan timbal pada sawi dengan produksi sawi yaitu jumlah daun, tinggi, dan berat sawi.

References

Kelly E.B., 1999 : Ground Water Pollution, Phytoremediation, http: //www. cee.vt.edu/pogram _areas/environmental/teach/phyto/html.

Priyanto, 2009. Mandiri Belajar SPSS Statistical Product and Service Solution) untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Medicom. Yogyakarta.

Saygideger , S. ; Muhittin D. ; dan Gonca K. 2004. Effect of Lead and pH on Lead Uptake, Chlorophyll and Ni-trogen Content of Typha latifolia L. and Ceratophyllum demersum L. International Journal of Agriculture and Biology. Dalam http://www.fspublishers.Org/ijab/pastissue/IJABVOL_ 6_NO_1/39.pdf.

Mishra, S dan Dubey, R.S. 2005. Heavy Metal Toxicity Induced Alterations in Photosynthetic Metabolism in Plants. India : Banaras Hindu University. Dalam http: //www.psi.cz /ftp /ola /Handbook %20of %20 Photosyn-thesis/DK3138ch44.pdf.

Salisbury, F.B. ; dan Ross, C.W. 1995. Fisiologi Tumbuhan Jilid I. Bandung:ITB.

Loveless, A.R. 1991. Prinsip-Prinsip Biologi Tumbuhan Untuk Daerah Tropik I. Jakarta: Gramedia.

Published
2019-02-06
How to Cite
Irawan, B. (2019). Hubungan Kandungan Timbal (Pb) Dengan Produksi Pada Sayuran Sawi (Brassica juncea L.). Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(1), 27-32. https://doi.org/10.56338/mppki.v2i1.525