Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara
Factors Related to Community Revisit Interest in Sapala Health Center, Hulu Sungai Utara
Abstract
Data Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2020 didapatkan jumlah kunjungan pasien rawat jalan terendah yaitu di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara sebanyak 2.221 kunjungan. Penelitian bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan minat kunjungan ulang masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2021. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi jumlah kunjungan pasien di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara pada tahun 2020 sebanyak 2.221 orang. Sampel sebanyak 96 responden menggunakan teknik Insidental Sampling. Uji statistik menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian sebanyak 57 responden (59,4%) berminat untuk berkunjung ulang, sebanyak 65 responden (67,7%) menyatakan akses kurang, sebanyak 73 responden (76,0%) menyatakan pelayanan baik, sebanyak 64 responden (66,7%) menyatakan ketersediaan alat, sebanyak 83 responden (86,5%) menyatakan ketersediaan obat-obatan. Ada hubungan akses (p-value = 0,000), pelayanan (p-value = 0,003), ketersediaan alat (p-value = 0,004), ketersediaan obat-obatan (p-value = 0,002) dengan minat kunjungan ulang masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2021. Akses ke Puskesmas Sapala untuk desa Bararawa, Desa Palbatu dan Desa Tampakang harus menggunakan transportasi air seperti speadboad dan perahu mesin, jarak yang jauh, pelayanan, tidak tersedianya alat dan obat-obatan menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk melakukan kunjungan ulang ke Puskesmas Sapala.Diharapkan Puskesmas mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kesehatan, ketersediaan alat dan obat-obatan sehingga masyarakat berminat untuk berkunjung ulang ke Puskesmas.
References
Fausiah F. Utilization Of Healthcare Services To General Patient At Inpatient Unit of Anutapura General Hospital, Palu City. Prev J Kesehat Masy. 2019;10(1):35–44.
Pratama MY, Gurning FP, Suharto S. Implementasi Penanggulangan Tuberkulosis di Puskesmas Glugur Darat Kota Medan. J Kesmas Asclepius. 2019;1(2):196–205.
Damanik EN, Kasim F, Sari NM. ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN RENDAHNYA KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS BANDAR TINGGI KABUPATEN SIMALUNGUN. J Inov Kesehat Masy. 2020;2(1):136–43.
Kasuba RS, Kurniawan D. FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNGAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PERAWATAN SULAMADAHA KOTA TERNATE BARAT TAHUN 2018. J SERAMBI SEHAT. 2018;11(2):17–22.
Satrianegera F, Azis J, Rusmin M. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PELAYANAN ANTENATAL DI POLIKLINIK KEBIDANAN RSUD SYEKH YUSUF KAB. GOWA. J Kesehat. 13(1):71–7.
Sarinastiti R, Fajriyanto AN, Prabumukti DR, Insani MK, Aziz WN, Fortuna LD, et al. Analisis pengetahuan perilaku hidup sehat dan pemanfaatan puskesmas. Promot J Kesehat Masy. 2018;8(1):61–71.
Habibi AH, Hakim FH, Azizi FS. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. J JKFT. 2020;4(2):11–21.
Masita A, Yuniar N, Lisnawaty L. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Desa Tanailandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Kanapa-Napa Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Tahun 2015. (Jurnal Ilm Mhs Kesehat Masyarakat). 2017;1(3).
Kurnia NAS. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Pelayanan, Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Penerima Manfaat Layanan Rehabilitasi Sosial (Studi Pada Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodyatama†Surakarta). 2019;
Napirah MR, Rahman A, Tony A. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. J Pengemb Kota. 2016;4(1):29–39.
Bustami MS. Penjaminan mutu pelayanan kesehatan & akseptabilitasnya. 2011;
Anggraini MT, Rohmani A. Hubungan kepuasan pasien dengan minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan kesehatan pada praktek dokter keluarga. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL. 2012.
Helmawati T, Handayani SD. Pengaruh kualitas layanan terhadap minat kunjungan ulang yang dimediasi oleh kepuasan pasien di klinik Rumah Zakat Yogyakarta. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit). 2014;3(1).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.