STRATEGI PROMOSI KESEHATAN TERHADAP UPAYA PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Rama Nur Kurniawan. K

Abstract


Narkoba merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat Indonesia yang penyalahgunaannya cenderung meningkat. Sementara ada sekitar 200 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya disebabkan peyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang bagaimana strategi promosi kesehatan terhadap upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang sifatnya mengeksplorasi informasi dari informan sehubungan dengan strategi promosi kesehatan terhadap upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo. Dari hasil penelitian menunjukkan : (1). Advokasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo dengan cara mengusulkan bantuan dana kepada Pemeerintah Daerah, untuk keperluan kegiatan penyuluhan napza di sekolah. (2). Kemitraan yang dilakukan Dinas Kesehatan terhadap upaya penanggulangan narkoba dengan membangun kerjasama  dengan pihak polres, sekolah, puskesmas dan pemda. (3). Pemberdayaan yang dilakukan dinas kesehatan dan puskesmas, dengan membentuk kader kesehatan remaja di sekolah sebagai bentuk keikutsertaan siswa dalam memberantas narkoba di Kabupaten Wajo.

Kata Kunci : Strategi promosi kesehatan, penyalahgunaan narkoba

 


Keywords


Ilmu Perilaku; Advokasi; Pemberdayaan; Kemitraan; Strategi Promkes

Full Text:

PDF

References


Sabarinah. U & dkk. (2015). Laporan Akhir Survey

Nasional Perkembangan Penyalagunaan Narkoba

Tahun Anggaran 2014. BNN-Republik Indonesia, Volume 4 (29), 100.

Friscilia, Y. (2015). Penyalahgunaan Narkoba Pada Kalangan Remaja di Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo. Universitas Sumatra Utara.

Saida, R. N. (2013). Strategi Promosi Kesehatan Terhadap Upaya Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Pada Wilayah Kerja Puskesmas Pertiwi Kecamatan Mariso Kota Makassar. Universitas Pancasakti.

Kuron, M. C. (2011). Analisis Pelaksanaan Program Promosi Kesehatan Di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado, 2011.

Notoatmodjo, S. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi (Cetakan Pertama). Jakarta: Rineka Cipta.

Saiful, F. (2011). Upaya Strategi Promosi Kesehatan Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di SMA 3 Mamuju Propinsi Sulawesi Barat 2011. Universitas Hasanuddin.

BKKBN. 2002. Buku Sumber Untuk Advokasi. BKKBN dan UNFPA.

Lilfitriyani, H. (2014). Intervensi Advokasi Sebagai Upaya Implementasi Kebijakan KTR (Kawasan Tanpa Rokok) di Majelis dikdasmenmuhammadiyah.

Rezeki, S. (2013). Strategi Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Individu Pada Masyarakat Perkebunan di Wilayah Puskesmas Sei Kijang Kabupaten Pelalawan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 38–48.

Kuswidanti. (2008). Gambaran Kemitraan Lintas Sektor Dan Organisasi Di Bidang Kesehatan dalam Upaya Penanganan Flu Burung di Bidang Komunikasi Komite Nasional Flu Burung Dan Pandemi Influenza (Komnas FBPI).

Fahrudin, A. (2010). Advokasi Pekerjaan Sosial. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung.

Ahmad, F. (2015). Towards Community Empowerment for Poverty Reduction in Rural Afghanistan. Ritsumeikan Journal of Asia Pacific Studies, Vol 34.

Azkha, N. 2013. Studi Efektivitas Penerapan Kebijakan PERDA Kota Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dalam Upaya Menurunkan Perokok Aktif di Sumatera Barat Tahun 2013. Padang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.

Ambadar, Jackie. 2008. Corporate Social Responsibility dalam Praktek di Indonesia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MPPKI View My Stats

INDEXING

  


Published By: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu

Editorial Address : Jalan Bukit Jabal Nur No. 3 Palu, Sulawesi Tengah 94118

e-mail : jurnal.mppki@gmail.com

Phone/SMS: +628124593621

ISSN 2597-6052 (Media Online)

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License