Pengaruh Faktor Gaya Hidup, kelas sosial dan kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu

Haris Abdul Kadir(1*), Syarifuddin T(2), Wahba Wahba(3), Abdul Rahman(4), Nining Andini(5)
(1) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
(4) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
(5) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jsm.v5i2.295

Abstract


Salah satu kendaraan roda dua yang paling diminati oleh masyarakat Kota Palu sebagai alat transportasi adalah Yamaha Matic Mio Sporty. Kendaraan ini banyak diminati karena mampu melakukan inovasi setiap tahun yang menampilkan model-model baru sesuai dengan perkembangan zaman masa kini. Selain itu juga Yamaha Matic Mio Sporty baik digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh bagi pengendaranya. Penelitian ini bertipe Deskriptif Kausal, Penelitian ini dilakukan pada konsumen pengguna/pemakai sepeda motor merek Yamaha Matic Mio Sporty di UD. Godiva Motor. Penelitian ini dilakukan pada Tanggal 23 November 2015 Berlokasi di Jl.S.parman No.55 Palu. Sampel pada penelitian ini sebanyak 150 responden.  Penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh antara faktor Gaya Hidup, kelas   sosial dan  kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu.

 


Keywords


Gaya Hidup; Kelas Sosial; kepribadian; Pembelian

Full Text:

PDF

References


Angipora, Marius P, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kedua, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Adi Setyo jatmiko, 2010, Analisis Keputusan Pembelian Ditinjau dari Faktor Psikografi Jonsumen Matahari Departement Store Solo Square, Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Assauri, Sofyan, 2004. Manajemen Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Boyd, Walker, Larreche, 2000. Manajemen Pemasaran suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Erlangga, Jakarta.

Cahyono, Bambang Ti, 1999. Manajemen Pemasaran, Badan Penerbit IPWI, Jakarta.

Engel, James. F, Roger. D. Blackwell dan Miniard, Paul. W. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid I. Jakarta: Binarupa Aksara.

Flonika, Lidya. 2007. Peran Keluarga Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Kota Palu. Skripsi Fakultas Ekonomi Untad. Palu.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran: Amalisa, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Millenium Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (diterjemahkan Benjamin Molan) Edisi Kesebelas, Jilid 1, Binarupa Aksara, Jakarta.

Mc. Charthy Perreaulth, 1995. Intisari Pemasaran, Sebuah Ancaman Manajerial Global, Edisi Keenam, Jilid 1, Binarupa Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu, 2002. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Reviks Aditama, Bandung.

Mowen, John dan Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Muhamad Jibran. 2010. Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Warnet Di Kota Palu. (Studi Kasus Warnet Geonet). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah.

Nurhasanah. 2008. Analisis Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone (Studi Kasus Pelajar Di Kota Palu). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah.

Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran), Kencana, Jakarta.

Sigit, Suardi. 2000. Prinsip Dan Dasar Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Sumodiningrat, Gunawan. 1994 Pengantar Ekonometrika, BPFE, Yogyakarta.

Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Swastha, Basu, dan T. Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta.

Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen; Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sudradjad, M, Sw. 2002. Metode Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala, Jatinangor, Jakarta.

Purwadsi, Budi. 2000. Riset Pemasaran; Implementasi Dalam Bauran Pemasaran, PT. Grafindo, Jakarta.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran, Cetakan Kelima, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta


Article Statistic

Abstract view : 39 times
PDF views : 27 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sinar Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JSM View My Stats

INDEXING


p-ISSN 2337-8743 || e-ISSN 2598-398X

Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6282148454342
e-mail: jsm.fe.umpalu@gmail.com

Flag Counter

Copyright Notice

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.