Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian City Car KIA Picanto pada PT. Kars Intiamanah (Kalla KIA) Palu

  • Sarifuddin T Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Heriyanto Jenigatot Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Bauran pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Tempat, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian jenis penelitian deskriptif-verifikatif adalah jenis penelitian yang menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Menganalisis dan menggambarkan hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas tetapi dapat digunakan untuk membuktikan hipotesis melalui pendekatan kuantitatif dan analisis terhadap hasil penelitian dan hasilnya dapat digunakan untuk membuat kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juni 2016 sampai dengan bulan September 2016. Metode analisis Regresi Linear Berganda digunakan untuk menguji hipotesis dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan (1) Produk, harga, promosi dan tempat secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Produk berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian, (3) Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian. (4) Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian, (5) Tempat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian.

 

References

Adrian payne, 2000.The Essence of Servives marketing,Yogyakarta : Liberty

Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo, 2002, Metode Penelitian Bisnis dan Manajemen, BPFE Yoyakarta.

JeffMadura,. 2001. Pengantar Bisnis. Jilid Dua. Salemba Empat Jakarta:.

Kadir, H. A., & Rajindra, R. (2018). PUBLIC SERVICE ANALYSIS ON IMPROVING COMMUNITY SATISFACTION. Jurnal Sinar Manajemen, 5(1), 69-73.

Kasmir dan Jakfar, 2003, Studi Kelayakan Bisnis, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Prenada Media, Jakarta.

Mowen. H. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid I. Penerbit.Andi.Yogyakarta.

Nugroho J Setiadi, 2003, Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Bisnis Pemasaran, Prenada Media, Jakarta.

Oesman, Yevis Marty. (2010). Sukses Mengelola Marketing Mix, CRM, Customer Value, dan Customer dependency (Kasus Pada Pemasaran Shopping Centre). Alfabeta Bandung.

Peter dan olson, 2006. Perilaku Konsumen, P.T raja Grefindo Persada,Jakarta

Purwanto, Iwan 2008, Manajemen Strategi, Yrama Widya Bandung.

Radiosunu, (2001), Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Rajput, A.A.; Kalhoro, S.H.; dan Wasif, R. 2012. Impact of Product Price and Quality on Consumer Buying Behavior: Evidence from Pakistan. Interdisciplinary JournalOf Contemporary Research In Business. ijcrb.webs.com. Vol 4, No 4.August, h.585-496.

Shinta, A. 2011.Manajemen Pemasaran. UB Press. Malang.

Subagyo Irianto. (2010). Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Tes Kecakapan “David Lee†untuk Sekolah Sepakbola (SSB) Kelompok Umur 14-15 Tahun. FIK UNY Yogyakarta.

Supranto A.M 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar.Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Tejdhakusuma Hartini S. 2001. Anaalisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum Mineral di Kotamadya Surabaya.Jurnal Penelitian Dinamika Sosial Vol. 2 No. 3 Desember 2001: 48 -58

Winarsunu, T, 2002. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan., Universitas Muhammadiyah Malang (UMM Press) Malang.

Kementrian Perindustrian. 2014. Penjualan Mobil. Melalui http://www.kemenperind.go.id/artikel/6793 [05/105/14]

Penghargaan dan Spesifikasi mobil All New KIA Picanto. Melalui: <http://www.kiakallapalu.blogspot.com/p/all-new-picanto_4.html> [20/11/14]

Published
2018-08-30
How to Cite
T, S., & Jenigatot, H. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian City Car KIA Picanto pada PT. Kars Intiamanah (Kalla KIA) Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 5(2), 105-111. https://doi.org/10.56338/jsm.v5i2.294
Section
Articles